© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Dimanakah letak kesadaran itu?

Dimanakah letak kesadaran itu ? Karena ada saat-saat dimana manusia tidak sadar, seperti ketika tidur, pingsan atau ketika kesurupan. Adakah kesadaran ketika manusia telah mati ? Apakah arwah atau roh manusia juga mempunyai kesadaran seperti ketika masih hidup ?

Kesadaran itu seumpama satu titik terang yang sangat kecil yang berada dalam kegelapan, yang kemudian meluas dan meluas, melahap kegelapan, lalu semuanya jadi terang dan kesadaran kembali pada diri.

Jadi kesadaran itu hakekatnya adalah nur yang sedang memancar dari liputan kegelapan dan mengalahkannya.

Saya menyaksikan kesadaran itu dalam slow motion, berupa nur yang muncul dari dalam kegelapan dan melahap habis kegelapan. Beserta nur itu adalah ilmu dan pengetahuan serta pengertian akan adanya diri dan kehendak, yang kemudian kita sebut sebagai sebuah kesadaran.

Darimana mana munculnya kesadaran itu, dan kemana perginya?? Seperti ketika sebuah nyala api yang padam, tak diketahui kemana perginya si api dan darimana datangnya.

Jadi kesadaran adalah nur yang terprogram, yang akan aktif tatkala Tuhan memiliki kehendak akan hadirnya diri kita.

Ketika Tuhan memiliki kehendak atas hadirnya si A, maka saat itulah muncul setitik nur dalam kegelapan, lalu nur itu meluas melahap habis kegelapan, beserta nur itu ada pengetahuan, dan kesadaran si A pun terbit.

Apakah ruh memiliki kesadaran kelak setelah mati?

Jawabannya

Apakah Tuhannya memiliki kehendak atas hadirnya ruh seseorang tersebut?

Jadi ruh orang mati itu kadang sadar, kadang juga tidak sadar. Sama seperti di dunia ini, kadang sadar, kadang gak.

Kalau Tuhan selalu “kepikiran” sama kamu, maka selamanya kamu akan sadar. Kalau kamu gak terlalu menarik buatNya, kamu akan banyak gak sadarnya kelak.

Mursyid Syeikh Muhammad Zuhri (Abah FK)