Dimanakah habitat asli dari ikan lionfish ?

Sebagai pengetahuan dasar sebelum memelihara, Dimanakah habitat asli dari lionfish ?

Habitat Lionfish

Habitat lionfish berada di bebatuan karang wilayah Indo-Pasifik. Beberapa spesies juga ditemukan di pantai timur Atlantik dari Long Island sampai Florida.

Lionfish adalah predator rakus. Anehnya, sirip berbisa mereka tidak digunakan untuk tujuan predasi. Mereka mengandalkan penyamaran alami mereka untuk berburu. Lionfish menangkap mangsa mereka dengan tinju dalam dengan sirip mereka yang besar dan kemudian menelannya utuh. Racun mereka digunakan secara ketat sebagai sarana pertahanan. Ketika terancam lionfish akan menyerang pada lawan dengan sampai menjadi 18 duri punggung seperti jarum tegak dan siap untuk menetralisir agresor.

Lionfish ini aktif pada malam hari dan menghabiskan siang hari untuk bersembunyi di celah-celah. Saat matahari terbenam, ia akan meninggalkan tempat persembunyian dan mulai bergerak dengan cara yang sangat anggun dengan cahaya lembut yang berkilau pada sirip punggung dan belakang.

Sayang, populasinya semakin bertambah dan mulai memasuki wilayah yang bukan habitatnya. Lionfish memakan ikan yang lebih kecil serta moluska, sementara hanya sedikit yang menjadi predator lionfish karena racun di siripnya. Beberapa jenis kerapu besar mungkin memangsanya tanpa terkena racunnya, namun kerapu itu sendiri terancam punah.

Lionfish pertamakali terdeteksi di dekat Dania, Florida, Amerika Serikat tahun 1985, bertahun-tahun sebelum badai Andrew muncul. Meski setidaknya ada enam ekor lionfish tak sengaja lepas akibat badai tersebut, sumber utama dari invasi bisa diarahkan ke pelepasan ikan dari aquarium pribadi, kemungkinan bagi para pemilik yang lionfish-nya sudah terlalu besar untuk disimpan dan memakan ikan lain di aquarium tersebut. Ketiadaan predator alami di Samudera Atlantik menyebabkan ikan lepu atau lionfish dengan cepat berlipat ganda, mengurangi populasi ikan asli hingga 80 persen.

Saat ini di Karibia, Lionfish telah menjadi masalah serius, karena keberadaannya telah mengakibatkan tingkat survival dari ikan karang lainnya menurun hingga 80%. Salah satu catatan penting mengenai lionfish di Karibia ialah, ternyata ikan ini bukan asli ikan di terumbu Karibia, melainkan dibawa oleh pencinta akuarium lokal atau para fish hobbist.

sumber :