Dimana tempat paling efektif untuk menyimpan data digital kita?

Data merupakan sesuatu yang berharga, bahkan bisa saja melebihi nilai kepentingan seperti uang misalnya. oleh karena itu pasti dibutuhkan tempat yang efektif untuk menyimpannya. Dimanakah tempat tersebut??

image

Data merupakan salah satu hal penting yang harus kita jaga. Karena jika sampai data kita tersebar, informasi penting didalamnya pasti bisa saja disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menyimpannya dengan baik. Dalam hal ini kita pasti membutuhkan tempat paling aman serta efektif dalam pengolahannya.

Tapi sebelum mencari tempat penyimpanan tersebut, kita harus memastikan beberapa hal tentang data yang akan kita simpan, yaitu seperti :

  1. Jika data tersebut merupakan privasi, maka jaga data tersebut agar selalu menjadi privasi
  2. Selalu pastikan bahwa file data tersebut tidak rusak / corrupt
  3. Selalu pastikan juga bahwa data yang kita simpan selalu ada / tidak hilang

Setelah memperhatikan hal diatas, kita bisa mulai mencari tempat penyimpanannya. Berikut ini merupakan alternatif pilihannya :

1. Optic device

Jika keterbatasan dana menjadi masalah untuk mencari tempat penyimpanan maka optic device ini bisa menjadi solusi yang pertama. Namun, ukurannya yang kecil serta dengan melihat perkembangan teknologi saat ini optic device sudah mulai ditinggalkan. Hal ini terbukti dengan hilangnya penggunaan Cdrom/Dvdrom pada beberapa perangkat, seperti netbook.

2. Hard Drive

Hard drive memang memiliki kapasitas lebih banyak dibanding optic device. Serta jangkauan durasi simpanannya bisa lebih lama daripada optic device. Namun, dari segi harga mungkin bisa sampai tiga kali llipat bahkan lebih dari optic device.

3. Flashdisk

Dengan kapasitasnya yang saat ini sudah cukup besar, flashdisk bisa menjadi solusi. Dengan harga yang relatif tidak terlalu mahal walau harganya berbanding lurus dengan kapasitasnya serta sifatnya yang portable bisa dibawa kemana saja. Namun, kelemahannya adalah seringnya kasus kehilangan akibat keteledoran sang pemilik.

4. Cloud

Bisa dibilang cloud ini mirip dengan hard disk yang terletak pada internet yang terpusat pada database penyedianya. Serta dengan kapasitasnya yang cukup besar bahkan bisa lebih besar dari hard disk, cloud bisa menjadi solusi. Namun dalam pengaksesannya kita memerlukan sambungan internet sehingga kita akan kesulitan jika berada di tempat yang sulit mengakses internet.

Berdasarkan data diatas, solusi yang paling efektif untuk menyimpan data adalah menyesuaikannya dengan keperluan. Serta hal itu juga merupakan keinginan pribadi masing masing untuk menyimpannya dimana. Dengan melihat perkembangan teknologi saat ini mungkin sebentar lagi akan muncul sebuah terobosan yang akan menyelesaikan masalah ini.

Sumber :



http://www.uniblue.com/articles/windows-optimization/where-best-place-store-data/


sumber:http://www.chiangmaistorages.com/data1/images/06.jpg

Berkembangnya tempat penyimpanan file online saat ini membawa kemudahan yang sangat berguna bagi perkembangan dunia internet. Sekarang ini banyak website-website menawarkan jasa penyimpanan online dengan biaya gratis, anda hanya perlu mendaftar di website tersebut untuk dapat menggunakan layanan penyimpanan file tersebut.

Namun , Amankah Menyimpan File Secara Online?

Untuk dapat menyimpan file secara online kita dapat menggunakan berbagai penyedia layanan online storage seperti halnya google drive , icloud dll. Namun , di internet tidak ada hal yang bisa bersifat rahasia atau aman, sekalipun tepat tersebut dijamin oleh tempat penyedia layanan. Akhir-akhir ini begitu marak kasus pembobolan file pribadi berupa foto di internet. Tak tanggung-tanggung si pembobol mengincar para selebriti-selebriti Holywood dan menjual fotonya di internet.

Belajar dari kasus tersebut tentu kita berpikir ulang untuk menyimpan file pribadi kita di internet. Mengunggah file di tempat penyedia layanan tersebut berarti kita telah menyetujui seluruh kebijakan yang ditawarkan. Termasuk kebijakan jika file yang kita simpan di intip oleh si penyedia layanan dengan alasan menghindarkan berkas penyimpanan dari virus ataupun malware. Tidak ada jaminan situs penyedia layanan tersebut tidak akan melihat file yang kita simpan. Oleh karena itu berpikirlah terlebih dahulu jika anda ingin menyimpan file yang sifatnya pribadi.

Tips Menyimpan File Secara Online

Berikut beberapa tips agar anda dapat menyimpan berkas anda di internet secara aman.

  • Simpanlah data yang penting namun tidak berhubungan dengan data pribadi anda, misalkan dokumen tugas kuliah, dokumen pekerjaan, file musik, foto yang bersifat umum, dan lain sebagainya.

  • Jangan simpan file yang berhubungan dengan data pribadi anda misalkan saja foto, biodata, dan kartu identitas. Sebab jika data-data ini dicuri orang maka data pribadi tersebut dapat digunakan sebagai kedok untuk melakukan tindakan kriminal. Tentunya anda tidak ingin terjadi kasus pencurian uang dengan melibatkan ktp yang anda miliki.

  • Jangan simpan secara online file-file yang berhubungan dengan keuangan, contohnya saja buku tabungan, alamat rekening, alamat paypal dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari akun tempat menyimpan uang anda di bobol oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Jangan mudah percaya dengan tawaran media penyimpanan online sacara gratis di internet. Sekarang banyak website-website baru bermunculan untuk menawarkan penyimpanan berkas secara online, bisa jadi salah satu website tersebut adalah jebakan agar anda tergiur dan mengupload file pribadi anda kesana. Saya sarankan pakailah penyedia layanan online yang telah memiliki reputasi dan kredibilitas tinggi seperti dropbox milik yahoo, google drive milik google, dan skydrive milik microsoft.

  • Tambahkanlah password yang sulit ditebak orang pada media penyimpanan yang anda miliki, dan ingat password itu baik-baik. Jangan tuliskan password tersebut di komputer atau smartphone anda miliki.

  • Pastikan untuk log out akun media penyimpanan anda sebelum meninggalkan komputer, laptop, atau smartphone sekalipun itu komputer, laptop, atau smartphone anda sendiri.

  • Selain itu jangan pernah mengatur browser internet anda untuk mengingat password yang anda miliki, jika anda mengatur password untuk di ingat oleh browser internet, maka ketika ada orang yang mengakses media penyimpanan tersebut, dia hanya perlu klik login untuk bisa masuk ke akun anda.

Amankah Menyimpan File Di Media Penyimpanan Nyata?

Jika penyimpanan online tidak aman, apakah menyimpan file di komputer , smartphone,flashdisk atau harddisk aman? Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu mengetahui beberapa hal. Yang pertama adalah dari segi keamanan memang media penyimpanan nyata lebih dapat kita percaya. Sangat banyak tips dan trik untuk mengamankan data contohnya memberi password pada file, menyembunyikan file, bahkan membatasi hak akses user di komputer atau smartphone anda. Namun ada bahaya lain yang lebih mengancam, yakni kerusakan data dan media penyimpanan seperti hardisk yang terformat, hardisk yang rusak, memory card yang hilang, dan lain sebagainya. Kita juga tidak bisa mengetahui siapa saja yang membuka komputer atau smartphone yang kita miliki dan diam-diam mencuri file yang ada di dalamnya.

Tips Menyimpan File Di Media Penyimpanan Nyata

Beberapa cara agar anda bisa menyimpan file secara aman di komputer atau laptop anda adalah:

  • Batasi hak akses user yang dapat masuk ke komputer anda dengan password. Dan buatlah acount guest untuk komputer anda.

  • Buatlah backup data-data anda setiap 1 bulan. Hal ini untuk menghindari saat komputer di serang virus, atau terjadi kerusakan hardisk.

  • Scan selalu hardisk yang anda miliki untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan hardisk. Jika terjadi kerusakan yang cukup banyak di hardisk anda mulailah untuk memindahkan data-data penting anda dan meletakkannya di tempat yang baru.

  • Jaga selalu kondisi media penyimpanan anda dari kerusakan yang disebabkan oleh debu, temperatur, tegangan listrik, air, dan kelembapan udara.

  • Jika anda menyimpan data di hardisk eksternal jangan dekatkan hardisk anda dengan benda-benda yang mengandung magnet kuat** dan simpanlah di tempat yang terkunci seperti lemari alat laci meja.

Daftar Pustaka


image

Semua orang pasti memiliki data-data yang sangat penting bagi mereka. Dan pastinya kita ingin untuk memastikan jika data-data tersebut tetap aman. Ada beberapa cara untuk memastikan data-data tetap aman dan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat kita akan menyimpan data. Berikut adalah tempat paling efektif untuk menyimpan data kalian :

1. Flashdisk

Sebuah flashdisk dapat anda bawa kemana-mana dan sangat efektif bila digunakan untuk menyimpan data kalian dalam jangka waktu yang pendek. Walau tidak dapat digunakan untuk penyimpanan data dalam jangka waktu lama, namun ukurannya yang kecil dan mudah di bawa kemanapun menjadikan flashdisk pilihan alternatif untuk menyimpan data kalian untuk sementara.

2. Hard Drive Eksternal

image

Hard drive eksternal akan menjaga keamanan data kalian di hard drive portabel yang dapat di masukkan ke dalam brankas yang aman atau ke dalam tas jika kalian akan berpergian, dan dapat terhubung ke komputer untuk backup data secara reguler sehingga kalian dapat mentimpan perubahan-perubahan pada data kalian. kelebihan Hard Drive dibandingkan dengan flashdisk adalah kapasitas memori yang lebih besar dan durasi simpanannya juga lebih lama. Namun kekurangan dari Hard Drive adalah harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan flashdisk.

3. Layanan cadangan berbasis host

Layanan cadangan berbasis host seperti CrashPlan, Dropbox atau bahkan Amazon S3 diperlukan jika kalian ingin untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang panjang. Pilihlah perusahaan-perusahaan yang menurut kalian aman. Membuat cadangan ke layanan seperti CrashPlan hal yang bagus, karena CrashPlan memiliki semua file kalian, bahkan jika kalian menghapusnya.

Sumber :