Dimana sajakah tempat yang asik untuk paralayang?

Ingin traveling, tetapi bingung mau ngapain? Paralayang aja. Apalagi kalau lo punya jiwa petualangan dan suka dengan hal-hal berbau ekstrim, aktivitas satu ini wajib berada dalam bucket list

Berikut tempat asik untuk paralayang di pulau Jawa:

  • Puncak, Bogor

Di Jawa Barat, kawasan Puncak menjadi lokasi paling populer untuk melakukan Paralayang. Karena udah cukup populer, lo pasti nggak bakal kesusahan menemukan tempatnya. Dari ketinggian 1.300 mdpl, kita bisa menikmati pemandangan khas kebun teh yang terpapar di bawahnya. Di Puncak, paralayang nggak cuma ditujukan buat para ahli, tetapi kita yang masih pemula juga bisa melakukannya karena ada pemandu profesional yang bisa menemani kita terbang secara tandem.

  • Kawasan Bukit Joglo, Wonogiri

Awalnya, Bukit Joglo nggak berbeda dari bukit-bukit lain yang ada di Wonogiri, Jawa Tengah. Apalagi dulu Bukit Joglo masih dipenuhi dengan berbagai tanaman liar. Setelah diubah dan dirawat sedemikian rupa, Bukit Joglo pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Wonogiri. Selain karena geografis yang mendukung, kualitas Bukit Joglo sebagai tempat paralayang ternyata udah diakui secara internasional. Nggak heran kalau Bukit Joglo disebut sebagai surganya pecinta paralayang.

  • Gunung Banyak, Batu

Kalau warga Jakarta pergi ke Puncak demi bisa menikmati hawa pegunungan, maka warga Surabaya memilih untuk ke Malang. Nah, dari Malang, kita bisa naik sedikit menuju kawasan Kota Batu untuk melakukan paralayang. Lokasinya berada di Gunung Banyak, Desa Songgokerto. Berbeda dari kawasan Puncak di Bogor yang menyuguhkan pemandangan kebun teh, paralayang di Gunung Banyak memungkinkan kita untuk menikmati pemandangan lanskap kota Malang dari ketinggian.

  • Parangtritis, Yogyakarta

Siapa bilang paralayang cuma bisa dilakukan dari kawasan gunung? Di Yogyakarta, kita bisa melakukan paralayang dari kawasan Pantai Parangtritis! Lokasi start-nya berada di Bukit Gupit, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya sekitar 3 km dari Pantai Parangtritis. Banyak orang memilih untuk paralayang pada sore hari agar bisa melihat pemandangan sunset dari ketinggian. Di lokasi ini pula lah event paralayang Jogja Air Show pernah diselenggarakan.

Sumber: