Dimana saja persebaran Hutan Mangrove di Indonesia?

Hutan bakau

Hutan bakau yang sering dikenal dengan hutan mangrove merupakan hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini biasanya tumbuh di tempat-tempat terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik.

Hutan mangrove atau lebih dikenal masyarakat sebagai hutan bakau merupakan tipe hutan yang terletak di daerah pasang surut air laut. Pada saat air pasang, hutan mangrove tergenang oleh air laut dan pada saat surut, hutan mangrove bebas dari genangan air laut. Biasanya hutan mangrove berkembang dengan baik pada pantai yang terlindung, muara sungai, maupun laguna. Tumbuhan yang hidup di hutan mangrove tahan terhadap garam yang terkandung dalam air laut.

Hutan mangrove memiliki fungsi ekologis dan fungsi ekonomis. Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai habitat atau tempat hidup binatang laut untuk berlindung, mencari makan, atau berkembang biak. Fungsi ekologis lainnya dari hutan mangrove adalah melindungi pantai dari abrasi air laut. Fungsi ekonomis hutan mangrove berupa nilai ekonomi dari kayu dan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Penduduk biasanya memanfaatkan kayu sebagai bahan kayu bakar dan bahan pembuat arang.

Kayu bakau dapat juga dijadikan bahan pembuat kertas. Selain kayu, hutan mangrove juga dihuni oleh beragam jenis hewan yang bernilai ekonomi, misalnya udang dan jenis ikan lainnya yang berkembang biak di wilayah ini.

Sebaran hutan mangrove

Hutan mangrove diberi simbol warna hijau pada batas antara daratan atau pulau dengan lautan. Jika kamu perhatikan sebarannya, tampak bahwa hutan mangrove tersebar di pesisir barat Pulau Sumatra, beberapa bagian dari pantai utara Pulau Jawa, sepanjang pesisir Kalimantan, Pesisir Pulau Sulawesi, Pesisir Selatan Papua, dan sejumlah pulau kecil lainnya. jumlah hutan mangrove seluruhnya di Indonesia mencapai angka 3.716.000 hektare.

Hutan mangrove Indonesia tersebar tidak merata. Luas hutan mangrove terbesar terdapat di Papua yang mencapai angka 2.943.000 hektare Berikutnya adalah Kalimantan (165.000 hektare), Sumatra (417.000 hektare), Sulawesi (53.000 hektare), Jawa (34.400 hektare), Bali dan Nusa Tenggara (3.700 hektare).

Hutan mangrove atau bakau adalah hutan yang tumbuh di wilayah pesisie pantai. Indonesia adalah negara dengan jumlah mangrove terbanyak di dunia.

Sekitar 3 juta hektar hutan mangrove tumbuh di sepanjang garis pantai Indonesia. Jumlah ini terbesar dan setara dengan 23 persen dari semua ekosistem mangrove di dunia.

Hutan bakau ditemukan di banyak wilayah di Indonesia, antara lain :

  • Di Sumatra, hutan bakau terdapat di Kampung Nipah di kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara

  • Di Bali, hutan bakau terdapat di bagian selatan Bali di teluk Benoa, kabupaten Badung, seluas 1300 hektar.

  • Di Jawa, hutan bakau terdapat di Muara Angke dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta, Muara Gembong di Bekasi, Kulonprogo di Yogyakarta dan Wonorejo di Surabaya.

  • Di Kalimantan, hutan bakau terdapat di Margoluyo, Balikpapan, dan di pulau Tarakan, keduanya berada di Kalimantan Timur.

  • Di Sulawesi terdapat Hutan Mangrove Bahowo yang terletak di Desa Bahowo, Tongkaina, Manado, Sulawesi Utara.

  • Di Papua, hutan bakau terdapat di Teluk Bintuni di pantai timur provinsi Papua Barat dan di Kaimana di pesisir barat.