Dimana saja Museum Purbakala di Indonesia?

museum

Museum merupakan salah satu lokasi yang sangat tepat buat kamu yang ingin berwisata sembari belajar. Kamu bisa belajar berbagai peninggalan di masa lampau, mulai dari tradisi, sejarah, dan lain-lain. Di Indonesia sendiri juga banyak museum dengan berbagai hal berbeda, salah satunya yang mungkin bisa jadi tujuan traveling adalah museum purbakala.

Museum purbakala yang paling terkenal di Indonesia adalah Museum Sangiran. Letaknya berada di Kelijambe, Sragen, Jawa Tengah. Di sini tersimpan beragam koleksi purbakala seperti halnya fosil manusa purba ataupun juga peralatan yang digunakan pada masa pra sejarah. Hal yang sangat membanggakan, museum di Jawa Tengah ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Ada salah satu fosil yang sangat terkenal di sini namanya adalah Java Man Pithecantropus Erectus.

Museum Gedong Arca, Bali

Museum Gedong Arca, Bali

Berawal dari gagasan Professor Soejono dan juga Soekarto Atmojo, yang merupakan mantan Kepala Dinas Purbakala Bali, Museum Gedong Arca ini didirkan. Lokasi ini digunakan untuk mendokumentasikan dan memajang Benda Cagar Budaya yang berhasil dilestarikan. Selain itu, ada koleksi lainnya yang merupakan benda-benda cagar budaya dari masa pra sejarah dan sejarah. Dan semua koleksi di sini berasal dari pelestarian di wilayah Provinsi Bali.