Dimana lokasi wisata religi di Bogor?

Wisata Religi Bogor

Bogor memang menjadi tujuan bagi sebagian orang Jakarta untuk melepas lelah. Selain lokasinya yang cukup dekat, Bogor juga memberikan suasana yang sejuk dan ramah untuk siapa pun yang mendatanginya. Tidak heran jika Bogor selalu menjadi tempat untuk berkunjung. Bukan hanya karena suasana yang sejuk, Bogor juga mempunyai banyak tempat-tempat wisata yang sangat menggoda siapa saja untuk mendatanginya.

Kota yang mempunyai letak 60 km dari Jakarta ini selain mempunyai berbagai kuliner yang khas, ternyata kota Bogor ini juga mempunyai beberapa tempat ibadah yang sangat menarik untuk kita kunjungi

Salah satu tempatnya yaitu di Gereja Zebaoth Bogor. Koningin Wilhelmina Kerk merupakan sebuah nama yang asing di telinga kita bahkan untuk masyarakat kota Bogor. Tetapi, jika Anda menanyakan tentang Gereja Ayam maka Anda akan dibawa ke suatu tempat. Dan jika Anda mengikuti arahan yang telah diberikan tersebut, maka Anda akan sampai di sebuah tempat ibadah yang bernama Gereja Zebaoth.

Pada awal abad yang ke 20, Indonesia memang sudah menjadi sebuah tujuan untuk berwisata dan juga untuk kunjungan dari bangsa-bangsa lain dari penjuru dunia.
Karena semakin meningkatnya orang-orang yang berkunjung ini, akhirnya membuat pemerintah kolonial Belanda pada saat itu, yang melihat kebutuhan terhadap sarana dan juga prasarana terus meningkat. Jadi salah satu kebutuhan yang dirasa perlu yakni masalah kebutuhan rohani.

Karena pada saat itu sarana untuk kebutuhan rohani hanya dapat dipenuhi dengan keberadaan beberapa kapel atau bisa dibilang gereja kecil yang tersebar. Dan pemakaiannya juga masih berbaur di antara pribumi serta juga kaum-kaum pendatang yang berkulit putih.

Dengan tujuan seperti itulah hingga pada tahun 1920, di bulan Januari, untuk meletakkan batu pertama pada sebuah gereja yang terdapat di dekat Istana Bogor pun dilakukan. Dan yang memulai pertama kali bangunan tempat ibadah ini yaitu J.P. Graaf Van Limburg Stirum, atau Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-61. Lokasinya pun sangat dekat dengan Istana Bogor, yang lebih tepatnya berada pada gerbang masuk istana yang terdapat di jalan juanda Bogor.

Setelah semua selesai pada tahun yang sama juga, akhirnya gereja ini diberi nama sebagai Koningin Wilhelmina Kerk atau bisa dibilang Gereja Ratu Wilhelmina. Yang merupakan ciri-ciri khas dari gereja ini yaitu sama halnya dengan gereja-gereja lain yang terdapat figuran ayam jantan bertengger pada atap menaranya.

Yuk diskusikan lokasi wisata religi yang ada di Bogor hanya disini!

WISATA RELIGI MASJID RAYA BOGOR
Kalian bisa berkunjung ke Masjid Raya Bogor. Lokasi rumah ibadah ini ada di jalan Raya Pajajaran Nomor 10. Keberadaan Masjid Raya Bogor terbilang strategis sehingga Ezytravelers tidak akan kesulitan dalam mencari bangunan Islami tersebut. Jika dari pintu keluar tol Jagorawi, maka Masjid Raya Bogor berada tempat di sampingnya. Tidak terlalu jauh dengan pusat kota Bogor.

Masjid Raya Bogor

Masjid Raya Bogor termasuk pula sebagai bangunan bersejarah karena rampung berdiri tahun 1979. Luas rumah ibadah umat muslim di kota Bogor ini memiliki luas lebih dari 4000 meter persegi. Gaya arsitektur masjid terlihat indah bersama ornamen bintang berbentuk segi delapan.

Kalian bisa mengunjungi Masjid Raya Bogor kapan saja karena rumah ibadah satu ini selalu terbuka untuk para jamaah muslim yang hendak beribadah. Bukan hanya itu, kalian juga dapat mencicipi beragam kuliner menarik di depan Masjid Raya Bogor. untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel berikut ini : Kuliner Kaki Lima di Depan Masjid Raya Bogor

WISATA RELIGI VIHARA DHARMA
Bagi kalian yang menganut kepercayaan agama Budha, maka ada tempat wisata religi di Bogor untuk dikunjungi. Nama tempat tersebut adalah Vihara Dharma dan 8 Pho Sat. Lokasi rumah ibadah Budha ini berada di Desa Tonjong, Kabupaten Bogor, tepatnya ada di Kampung Jati. Kalian bisa mencapai lokasi dengan bis pariwisata, mobil, minibus, maupun motor.

Vihara Dharma

Vihara Dharma menjadi salah satu daya tarik wisata religi dikarenakan di dalamnya terdapat patung “Sleeping Budha” atau Budha Tidur dengan ukuran raksasa. Ezytravelers pun diperbolehkan untuk mengambil foto dengan latar belakang patung Budha Tidur tersebut. Peresmian Vihara Dharma berlangsung tahun 2012 yang dilakukan Direktur Jenderal Republik Indonesia Agama Budha.

WISATA RELIGI GEREJA KATEDRAL BOGOR
Gereja Katedral

Wisata religi lainnya yang bisa Kalian kunjungi di Bogor masih banyak. Bagi penganut agama Nasrani, terdapat Gereja Katedral. Lokasi gereja ini berada di jalan Kapten Muslihat Nomor 22, Kecamatan Bogor Tengah. Pendirian rumah ibadah Katedral sendiri dilakukan oleh M.Y. Dominikus Claessens di tahun 1896. Gereja Katedral Bogor memiliki luas bangunan lebih dari 1200 meter persegi. Gaya arsitektur gereja terlihat klasik dengan kesan geometrik. Ini merupakan gereja peninggalan Belanda yang masih terjaga bentuk bangunannya.