Dimana lokasi wisata pemandangan bangkai kapal dan seperti apa penampakannya?

wisata bangkai kapal

Travelling ke berbagai belahan dunia menjadi hal menakjubkan. Melihat keindahan alam hingga sebuah kota yang cantik. Tapi apa jadinya jika Anda melakukan perjalanan melihat sebuah pemandangan bangkai kapal yang terlantar. Menariknya, pemandangan bangkai kapal ini memiliki pesonanya tersendiri. Dimana saja wisata pemandangan bangkai kapal tersebut dan seperti apa penampakannya?

Berikut wisata pemandangan bangkai kapal:

  1. Baron Gauthsch
    Peringatan ke-100 tenggelamnya Baron Gautsch, sebuah kapal uap Austria-Hongaria yang tenggelam di Laut Adriatik Kroasia utara, diperingati setiap 13 Agustus 2014. Kapal ini awalnya digunakan untuk melayani jalur penumpang dan telah disewa oleh tentara Austro-Hungaria setelah pecahnya Perang Dunia I pada Juli 1914. Kapal ini digunakan untuk mengangkut pasukan untuk lari dari pulau Brijuni kurang dari sebulan. Diperkirakan, antara 240 hingga 390 orang tewas tenggelam. Ini membuat kerugian terbesar dalam Perang Dunia I. Kapal karam itu terletak di kedalaman 131 kaki (40 meter) di lepas pantai Rovinj dan dikatakan sebagai situs paling populer untuk penyelam di Laut Adriatik.

  2. SS Maheno
    SS Maheno awalnya adalah kapal laut dan berubah menjadi rumah sakit selama perang Dunia Dunia I, hingga akhirnya karam di Pulau Fraser, Australia. Setelah perang, kapal itu dijual ke Osaka, Jepang. Ketika ditarik ke rumah barunya pada 1935, angin topan menerjang dan memecahkan pembatas yang menghubungkan kedua kapal tersebut. SS Maheno kini berada di Pulau Fraser, bangkainya tetap ada sampai sekarang.

  3. The Belle
    Sisa-sisa kerangka seorang pelaut Prancis yang tidak diketahui masih berdiam di lambung kapal penjelajah Prancis La Salle, The Belle di Teluk Meksiko. Ditemukan pada Halloween 1996, sisa-sisa The Belle berada di bawah air selama 310 tahun, sebelum ditemukan oleh arkeolog laut. Kapal itu terletak 15 mil lepas pantai, 125 mil barat daya Houston. Seorang cofferdam mengizinkan para arkeolog mengekspos dasar laut untuk penelitian. The Belle adalah salah satu dari empat kapal milik penjelajah Prancis La Salle, menurut Texas A & M Today. Dikabarkan, kapal ini membawa 300 orang yang seharusnya akan menjajah wilayah Pantai Teluk, tetapi karena arah peta yang salah, menyebabkan kapal ini tersesat ratusan mil ke pantai Texas. The Belle ditinggalkan pada 1686 setelah badai menyebabkannya tenggelam di Matagorda Bay.

  4. Centaur
    Centaur adalah kapal rumah sakit Australia yang ditenggelamkan oleh torpedo Jepang pada 1943. Centaur telah ditandai dengan jelas sebagai kapal rumah sakit dengan salib merah, tetapi Jepang menenggelamkannya tanpa peringatan selama Perang Dunia II, menurut Australian War Memorial. Hanya 64 dari 332 penumpang, termasuk anggota awak dan staf perawat selamat setelah menghabiskan 35 jam di atas rakit menunggu untuk diselamatkan. Bangkai kapal itu ditemukan pada 2009 oleh tim yang dipimpin oleh David Mearns. Penemuan itu hanya sebagian besar dalam satu bagian, meskipun lambung rusak di satu tempat.

  5. The Panagiotis
    The Panagiotis kandas di pulau Yunani Zakynthos pada 1980. The Panagiotis menyelundupkan rokok, alkohol, dan mungkin manusia dari Cephalonia ke Albania pada 1980. Kapal ini tenggelam ke pantai di pulau Yunani Zakynthos. Ada banyak teori tentang bagaimana kapal ini sampai tenggelam. Pertama, kapal itu dikejar oleh pihak berwenang dan jatuh di pantai. Kedua, kapal menghantam bebatuan saat badai. Ketiga, kapal ditinggalkan dan terdampar di darat. Keempat, kapal mengalami kegagalan mekanis. Saat ini, bangkai The Panagiotis menjadi objek wisata populer yang hanya dapat diakses dengan perahu.

  6. Titanic
    Titanic tenggelam pada 1912 setelah bertabrakan dengan gunung es, tetapi sejak kecelakaan itu, kapal tidak ditemukan sampai 1985. Kisah Titanic terkenal. Ketika berlayar dari Southampton, Inggris, ke New York. Titanic dianggap sebagai salah satu kapal paling mewah dan aman yang pernah dibangun. Namun, ternyata kapal ini menabrak gunung es dan tenggelam di lepas pantai Newfoundland dengan menenggelamkan lebih dari 1.500 penumpang. Kapal, yang terbesar di dunia pada saat itu, sedang dalam pelayaran perdananya, berangkat dari Southampton, Inggris, ke New York City. Tragedi itu menjadi berita utama di seluruh dunia dan mengilhami film pemenang Oscar yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio. Pagar busur pelabuhan RMS Titanic terletak di 12.600 kaki perairan sekitar 400 mil sebelah timur Nova Scotia.

Sumber: