Dimana lokasi terumbu karang terindah di Indonesia?

terumbu karang terindah di Indonesia

Terumbu karang secara umum dapat dinisbatkan kepada struktur fisik beserta ekosistem yang menyertainya yang secara aktif membentuk sedimen kalsium karbonat akibat aktivitas biologi (biogenik) yang berlangsung di bawah permukaan laut. Dimana lokasi terumbu karang terindah di Indonesia?

1. Taman Laut Kepulauan Raja Ampat

Perairan Raja Ampat menurut beberapa sumber merupakan salah satu dari 10 Taman Laut Terindah Di Dunia. Taman Laut Raja Ampat memiliki flora dan fauna bawah laut paling lengkap di dunia. Kawasan ini juga merupakan kawasan karang terbaik di Indonesia dengan540 jenis karang keras, lebih dari 1000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, Spesies unik yang dapat kita jumpai di Taman Laut Kepulauan Raja Ampat antara lain Kuda Laut Katai, Wobbegong dan Ikan Pari Manta serta beberap ikan endemik Raja Ampat seperti Eviota Raja.

2. Taman Laut Bunaken.

Taman Laut Bunaken adalah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia. Taman ini terletak di Provinsi Utara, Indonesia. Taman yang terletak di segitiga terumbu karang menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang serta berbagai spesies moluska, reptil dan mamalia laut lainnya.

3. Taman Laut Wakatobi

Taman Laut Wakatobi merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Taman laut seluas 1.39 juta hektar ini memiliki keanekaragaman hayati laut. Di taman ini juga memiliki panorama keindahan bawah laut dengan memiliki 25 buah gugusan terumbu karang.
Gugusan terumbu karang di Taman Laut Wakatobi dapat dijumpai sekitar 112 jenis dan 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 kilometer dari garis pantai.

4. Taman Laut Kepulauan Derawan.

Taman Laut Kepulauan Derawan adalah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia yang paling disukai oleh para penyelam kelas dunia. Taman yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia ini menyajikan beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan mangrove.
Selain itu di Taman Laut Kepulauan Derawan terdapat spesies yang dilindungi yang keberadaannya terancam punah seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Paus, Lumba-Lumba, Kima, Ketam KelapaDuyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies yang dilindungi lainnya

5. Taman Laut Karimunjawa

Taman Laut Karimunjawa merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia lainnya yang terletak di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta hampir 400 spesies fauna laut dengan 242 jenis ikan hias berada di taman ini.
Di Taman Laut Karimunjawa setidaknya terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik. Tempat ini terkenal karena keindahan pantainya yang berpasir putih bersih dan sangat luas dengan keindahan bawah lautnya yang tersebar di 27 pulau kecil serta pengalaman seru berenang bersama Ikan Hiu. Beberapa fauna langka juga berada di Taman Laut Karimunjawa seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik dan juga Penyu Hijau.

6. Taman Laut Alor

Keindahan keanekaragaman Taman Laut Alor tak terbantahkan lagi, Wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste merupakan titik penyelaman (spot diving) Terpopuler Di Indonesia tahun 2016 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.
Taman laut yang terletak di Selat Pantar, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur disebut-sebut sebagai Taman Laut Terindah Di Dunia setelah Karibia. Karena rata-rata spot diving yang ada di Taman Laut Alor telah menjadi spot paling favorit dan paling populer di dunia.

Dunia bawah laut Alor setidaknya mempunyai 50 spot diving yang tersebar di sejumlah pulau termasuk yang berada di Selat Pantar. Air yang sangat jernih dan keanekaragaman kehidupan biota laut menjadi alternatif baru selain Taman Laut Kepulauan Raja Ampat.

7. Taman Laut Pulau Komodo

Taman Laut Komodo menurut beberapa penelitian menunjukkan sebagai jantung segitiga terumbu karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia. Karena itu wilayah perairan di sekitar Pulau Komodo dan Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur terpilih sebagai wilayah penyelaman terbaik di dunia mendampingi Taman Laut Kepulauan Raja Ampat.

Di Pink Beach Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan diving dan snorkeling untuk melihat secara langsung begitu indah dan menggagumkan kekayaan lam Indonesia. Di Taman Laut Pulau Komodo terdapat lebih dari 1000 jenis ikan, 385 terumbu karang, 105 jenis kepiting, 70 jenis spone, 10 jenis ikan lumba-lumba, 6 Hiu, Penyu Hijau, Hawksbill, Duyung, serta Pari Manta.

8. Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Dengan total luas atol 220.000 hektar ini terletak Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Di kawasan ini setidaknya terdapat lima pulau indah yang sangat bagus untuk kegiatan penyelaman, snorkeling dan wisata bahari lainnya. Topografi kawasan ini sangat unik dimana atol yang terdiri dari gugusan pulau - pulau gosong karang dan rataan terumbu karang yang luas dan tenggelam membentuk pulau-pulau yang cukup banyak.

9. Taman Laut Kepulauan Togean

Taman Laut Kepulauan Togean adalah salah satu Taman Laut Terindah Di Indonesia selanjutnya yang terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Taman laut ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut langka dan dilindungi. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di Taman Laut Kepulauan Togean adalah menyelam, snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing dan menjelajahi alam hutan yang ada di Pulau Malenge, Mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-Una atau mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

10. Taman Laut Banda

Taman Laut Terindah Di Indonesia lainnya yang ada di Indonesia adalah Taman Laut Banda yang terletak di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Taman Laut Banda juga merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Dunia dengan 310 jenis karang pembentuk terumbu karang, 871 spesies ikan karang serta tempat populasi ikan Hiu dan ikan kerapu termasuk berbagai jenis ikan dan kerang purba yang disuakakan.