Dimana lokasi-lokasi mematikan yang ada di Gunung Merapi?

lokasi mematikan di Gunung Merapi
Daya tarik Gunung Merapi tak lekang oleh waktu. Status sebagai gunung berapi teraktif pun tak membuat pendaki mengendurkan minatnya untuk mendaki. Gunung ini selalu ramai didaki. Dimana lokasi-lokasi mematikan yang ada di Gunung Merapi?

  1. Pasar Bubrah

Menurut cerita mistis yang tersebar, lokasi ini dikenal dengan pasar dedemit (setan), pasarnya para makhluk halus, yang dapat dilihat pada setiap malam Jumat. Pada saat itu terdengar keramaian layaknya sebuah pasar malam di puncak gunung ini.

Tapi yang membuat tempat ini berbahaya dan harus berhati-hati bukanlah kisah mistis itu, melainkan longsoran pasir dan batu. Parahnya lagi, tempat ini dijadikan base camp para pendaki sebelum menuju puncak, sehingga jika terjadi longsor maka sangat membahayakan. Di tempat ini pernah terjadi kecelakaan dua pendaki mahasiswa asal Yogyakarta, terkena longsoran pasir. Kedua korban sempat tertidur saat istirahat dan tiba-tiba tanah dan bebatuan mengalami longsor menimbun kedua mahasiswa tersebut. Beruntung keduanya selamat.

  1. Puncak Garuda atau Puncak Tusuk Gigi

Kejadian yang baru saja menimpa Eri Yunanto (21), mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Atmajaya Yogyakarta yang terjatuh ke dalam kawah Merapi begitu heboh. Sebuah foto menunjukkan dia sedang duduk menggunakan topi hitam di Puncak Tusuk Gigi, sebelum kemudian dia terjatuh ke dalam kawah.

Tempat tertinggi di Merapi ini memiliki medan yang sangat curam dan terjal. Selain itu, lokasi puncak ini juga sempit dengan kondisi medan yang labil. Batu dan pasir di sana rawan longsor.

  1. Jalur Pasar Bubrah ke puncak Merapi

Cuaca di Merapi yang sangat ekstrim dengan jalur bebatuan dan berpasir, merupakan perpaduan yang sangat berbahaya bagi pendaki. Longsor batu maupun pasir bisa sewaktu-waktu terjadi. Ini bisa menjadi bencana jika mengenai pendaki.