Dimana Lokasi Cagar Alam Indonesia terbaik untuk dikunjungi?

Masih banyak orang Indonesia yang kurang peduli dengan lingkungannya. Mereka masih kerap melakukan pemburuan hewan langka, eksploitasi hutan, dan sebagainya.

Kasus yang sedang hangat adalah banyaknya orangutan yang diburu di hutan gambut Rawa Tripa, Aceh. Orangutan tersebut dianggap hama, padahal mereka hanya kelaparan dan kehilangan tempat tinggal.

Sebenarnya banyak sekali informasi dari buku, internet, cagar alam, taman nasional, dan sebagainya, tentang pentingnya menjaga lingkungan. Apalagi sekarang cagar alam atau taman nasional di Indonesia sudah sangat baik untuk dijadikan tempat wisata. Salah satunya dimana sih menurut kalian?

Saya merekomendasikan Cagar alam Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Banyak orang yang telah berkunjung ke suaka margasatwa seluas 415 ribu hektare. Terdiri dari kumpulan ekosistem asli, unik, dan degradasi dianggap UNESCO sebagai cagar biosfer.

Tanjung Puting dikenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi hingga 40 ribu ekor. Jangan menjadi manusia barbar, kenali lebih jauh pentingnya melindungi orangutan di sini.

Ada pun biaya yang harus dikeluarkan, seperti tiket masuk Rp 12 ribu, kamera Rp 5.000, handycam Rp 15 ribu, tiket klotok Rp 50 ribu, dan parkir klotok Rp 10 ribu.