Dimana habitat ikan hiu bala ?

Memelihara hewan perlu juga mengetahui habitat aslinya agar mengerti, dimanakah habitat dari ikan hiu bala ?

Bala Shark merupakan jenis ikan yang dinyatakan IUCN sebagai ikan yang masuk daftar ikan langka dan patut dilindungi. Bala Shark dengan nama daerah ikan Puntung Kanyut (Sumatera Selatan), Ketutung (Kalimantan Barat) dan Ridik angus (Jambi) merupakan salah satu jenis ikan yang keberadaannya sudah dikategorikan mengkhawatirkan di Kalbar dan Jambi. Namun di Sumatera Selatan jenis ini masih bisa didapatkan walaupun jumlahnya tidak banyak.

Bala Shark kecil (benih) merupakan ikan hias yang sangat indah dipandang dengan tubuh yang berwarna perak dan setiap siripnya terdapat warna hitam dan kuning. Ikan ini umumnya damai dan baik sahabat untuk berbagai jenis ikan tropis.

Ikan ini termasuk ikan yang sangat mudah mati, sehingga penanganannya pun harus ekstra hati-hati. Bala Shark membutuhkan oksigen yang tinggi dan air yang jernih terutama dalam penampungan, karena ikan ini termasuk ikan yang hidup di bagian hulu dari sungai bagian tengah dimana kondisi oksigennya relatif tinggi yaitu lebih dari 6 ppm. Suhu air harus dijaga antara 22-28 ° C (72-82 ° F). Bala Shark lebih suka disimpan dalam kelompok dua atau lebih spesimen. Hal ini membutuhkan akuarium tertutup karena ia tergolong ikan terampil jumper.

sumber :