Dimana data digunakan atau diproses?

Pemrosesan data (Inggris: data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis.

Pengolahan data yang menggunakan komputer sebagai medianya dikenal dengan istilah Electronic Data Processing (EDP). Pengolahan data adalah suatu proses dimana sebuah data diproses atau diubah ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaang berupa sebuah informasi.
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah sebuah data menjadi sebuah informasi, maka diperlukan sebuah sistem yang yang disebut sistem komputer. Sistem yang dimaksud disini terdiri atas elemen-elemen yang saling terhubung sehingga membentuk satu kesatuan yang dapat digunakan untuk melakukan tujuan pokok dari sistem tersebut.

1. Pemasukan (Input)
Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alat-alat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses.
2. Pemrosesan (Process)
Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat.
3. Pengeluaran (Output)
Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll.
4. Penyimpanan (Storage)
Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut.

Pada gambar terlihat dua anak panah yang saling berlawanan arahnya, ini menunjukan bahwa data dapat disimpan dan diambil kembali jika dibutuhkan untuk keperluan pengolahan data.

Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki ujungnya. Terbukti, dari informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi.

Referensi

http://www.pintarkomputer.com/penjelasan-lengkap-tentang-cara-kerja-sistem-komputer/

Data umumnya terkait dengan penelitian ilmiah, data dikumpulkan oleh sejumlah besar organisasi dan institusi, termasuk bisnis. Misalnya dalam bisnis kita butuh tentang data penjualan, pendapatan, harga saham dll. Atau pada pemerintah, kita bisa melihat data tentang tingkat kejahatan, tingkat pengangguran dan data lain yang sangat luas.
Data digunakan hampir disemua aspek, dalam berbisnis kita perlu memahami dan mentarget pembeli, dan itu perlu data. Menambah kualitas kesehatan dan juga tentang kesehatan umum juga perlu data. Dalam berolahraga pun dalam lomba, juga perlu data yang bagus untuk menganalisis lawan main. Dalam penelitian dan sains pasti diperlukan data dari penemuan sebelumnya.

Data diukur, dikumpulkan dan dilaporkan, dan dianalisis, dimana dapat divisualisasikan dengan menggunakan grafik, gambar atau alat analisis lainnya. Data itu sendiri bisa diproses lewat perangkat masing-masing, dalam suatu database, ataupun melalui server. Data konsep umumnya yaitu mengacu pada fakta bahwa beberapa informasi atau pengetahuan yang ada diubah ke dalam beberapa bentuk yang sesuai untuk penggunaan atau pemrosesan yang lebih baik. Jadi, data digunakan setiap harinya untuk orang orang yang membutuhkan data itu sendiri. Tanpa adanya data, manusia akan susah dalam menganalisis apapun disekitarnya.