Dimana belajar photoshop yang baik secara gratis melalui internet?

photoshop

Di era kelimpahan informasi seperti saat ini, sumber-sumber untuk belajar Photoshop pun jadi semakin mudah didapatkan bahkan tersedia gratis, tentu saja sepanjang kamu dapat tersambung dengan jaringan internet.

Dimana belajar photoshop yang baik secara gratis melalui internet ?

Tuts Plus bisa jadi salah satu pilihan anda untuk belajar photoshop. Situs belajar Photoshop ini cocok untuk kamu yang ingin mencari tutorial mendalam tentang Photoshop. Meskipun mendalam, Tuts Plus mengemasnya dengan simpel dan sederhana agar mudah dimengerti dan dipelajari. Hebatnya lagi, situs ini menyediakan lebih dari 2.500 tutorial gratis

Beriukut ini merupakan situs yang cukup lengkap penyajian materi photoshop:

1. Learn the Basics of Photoshop in Under 25 Minutes – lifehacker.com

Apa yang disajikan lifehacker.com mengenai dasar-dasar belajar Photoshop ini benar-benar dapat menjadi pengantar yang baik bagi pemula. Materi yang disajikan bukan berupa tutorial, tetapi lebih kepada pembahasan fungsi dari tools yang ada di Phostoshop. Selain itu dijelaskan juga fitur lain yang terdapat di Photoshop, seperti fungsi palettes yang dapat digunakan sebagai sarana navigasi, serta terdapat pula penjelasan tentang menu-menu di Photoshop.

2. Photoshop Basic Tutorials – photoshopessentials.com

Setelah menyimak pengantar dari lifehacker.com mengenai dasar-dasar belajar Photoshop, untuk kamu yang masih pemula dapat melanjutkan dengan belajar tutorial photoshop. Tutorial photoshop dasar yang tersedia di photoshopessentials.com ini dapat menjadi alternatif untuk belajar photoshop secara gratis.

Ada 5 kategori basic tutorial yang tersedia, seperti: Basics, Retouch, Photo Effects, Text Effects, dan Digital Photo Essentials. Dari situs ini banyak sekali tutorial photoshop yang dapat kamu pelajari, misalnya bagaimana cara mengubah ukuran gambar (image size) dengan Photoshop, mengatur Panel, mengenal Clipping Masks, dan masih banyak lagi.

3. Photoshop Basics – gcflearnfree.org

Di situs gcflearnfree.org kamu juga dapat menemukan tutorial serta tips untuk belajar photoshop, yang terdapat dalam kategori “Photos and Graphics”. Dapat dikatakan apa yang disajikan di situs ini merupakan gabungan dari apa yang terdapat lifehacker.com dan photoshopessentials.com di atas. Di situs ini kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai apa itu Photoshop, bagaimana cara menggunakan Photoshop, dan lain-lain.

Karena situs ini tidak hanya ditujukan untuk mereka yang berminat belajar Photoshop saja, selain tutorial photoshop terdapat pula tutorial tentang photography, image editing, computer, microsoft office, blog, dan masih banyak lagi.

Selain belajar Photoshop gratis di dunia maya, belajar Photoshop tentu saja dapat dilakukan di dunia nyata, baik dengan cara belajar otodidak dari buku-buku tutorial atau dengan mengikuti kursus / pelatihan di bidang desain grafis. Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray: