Digital Wellbeing, Solusi Bagi Pengguna Teknologi Bijak?

Digital wellbeing adalah proyek Google bersama dengan para pengembang aplikasi yang bertujuan untuk menciptakan ide dan alat guna membantu seseorang mendapatkan keseimbangan yang lebih baik dalam menggunakan teknologi.

fitur tersebut digunakan untuk mengontrol dan membatasi pengguna teknologi digital agar tidak candu dalam menggunakan gawai.

dua fitur andalannya adalah focus mode untuk memblokir notifikasi dan informasi dari gawai, tujuannya agar pengguna tidak teralihkan perhatiannya pada saat melakukan aktifitasnya.

lalu ada bed time, sebagai pengingat sekaligus mengatur waktu tidur agar lebih ideal. fitur ini dapat diatur sesuai jadwal tidur individu.

tentu saja saat ini telah terdapat fitur serupa, seperti pada gawai Vivo terdapat jovi home dan gawai lain dengan fiturnya masing-masing. tetapi digital wellbeing ini juga bisa digunakan di pc.

saat pandemi ini penggunaan digital juga semakin bertambah, bahkan hampir seharian kita akan berada di depan layar.

untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa orang yang melakukan puasa sosial media agar screen time nya tidak terlalu panjang, tetapi seringkali tidak berhasil karena tetap membutuhkan hiburan dari sosial media tersebut.

lantas, apakah digital wellbeing ini merupakan solusi untuk pengguna teknologi saat ini agar lebih bijak?

atau ada dari teman-teman yang telah menggunakan digital wellbeing ini atau aplikasi lain dengan fitur serupa dan merasa itu bermanfaat? silahkan bagikan pengalaman ataupun pendapat kamu dibawah ini ya

Referensi

Mengenal Aplikasi Wellbeing dan Cara Google Tangkal Adiksi Gawai
Blokir Notifikasi Ponsel dengan Digital Wellbeing - Teknologi Bisnis.com

Jujur, saya menggunakan fitur-fitur tersebut.

  1. Mode fokus ketika saya sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan fokus tinggi.
  2. Mode bed time ketika ingin tidur, tapi biasanya saya lupa sih ini.
  3. Pembatasan penggunaan aplikasi, terutama untuk Instagram, Youtube dan TikTok. Benar-benar bermanfaat menurut saya.

Apakah solusi? Menurut saya, ya dan tidak. Ya, kaerna dengan pembatasan penggunaan aplikasi dan mode fokus benar-benar berguna bagi saya. Tidak, karena meskipun saya sudah menerapkan fitur tersebutsaya tetap berada di depan layar terlalu lama dikarenakan tugas yang membludak atau terkadang saya bisa melihat film atau drama dengan batas waktu yang cukup lama.