Dietmar Hopp : Pendiri SAP yang Suka Olahraga

Biografi, Dietmar Hopp


Pekerjaan

CEO SAP, Pendiri Yayasan Dietmar Hopp Stiftung, Financial Backer of Hoffeinhim Football Club

Afiliasi Lainnya

  • Pendiri yayasan Dietmar Hopp Stiftung
  • Financial Backer of Hoffenheim Footbal Club, Germany

Tempat Tanggal Lahir

Heidelberg, Jerman, 26 April 1940

Kewarganegaraan

Jerman

Pendidikan

Master of Science, University of Karlsruhe

Total Kekayaan

$8.4 Billion (2016)

Peringkat Berdasarkan Forbes

  • 24 Richest In Tech (2016)
  • 31 Richest In Tech (2016)
  • 146 Billionaires (2016)
  • 13 in Germany

Riwayat Hidup


Dietmar Hopp lahir di Heidelberg, Jerman, 26 April 1940. Dia adalah miliarder pengusaha software di Jerman. Dia adalah salah satu pendiri dari Systemanalyse und Programmentwicklung (SAP) pada tahun 1972 dengan mantan karyawan IBM lainnya yaitu Hans Werner Hector, Klaus Tschira, Claus Wellenreuther dan Hasso Plattner.

Hopp adalah CEO SAP dari tahun 1988 sampai tahun 1998, tanggung jawabnya meliputi pengembangan dan penjualan, hubungan masyarakat, konsultan nasional dan internasional, dan administrasi, Hopp pernah juga menjabat sebagai ketua dewan pengawas SAP dari tahun 1998 hingga tahun 2003, dan anggota dewan dari tahun 2003 sampai 2005. Dia menyimpan sekitar 10% dari saham perusahaannya setelah tidak menjabat. Setelah Hopp pensiun di tahun 2005, nama jalan di depan SAP berganti dari Neurottstraße ke Dietmar Hopp–Allee, untuk menghormati Mr. Hopp.

Pada tahun 2006, Hopp mentransfer 70% dari kekayaannya (sekitar € 4 miliar) untuk sebuah yayasan amal, Dietmar Hopp–Stiftung. Dia menciptakan salah satu yayasan terbesar di Eropa. Yayasan ini mendukung olahraga, kedokteran, pendidikan, dan program sosial serta dia telah mendistribusikan lebih dari $ 470.000.000 sejak awal berdirinya yayasan ini.

Forbes menghitung saham SAP di yayasan Dietmar Hopp Stiftung terhadap kekayaan bersih Hopp karena Hopp sendiri yang mengontrol keduanya dan dapat menjual keduanya setiap saat. Ia berinvestasi dalam ilmu kehidupan dan perusahaan biotek termasuk Switzerland’s AC Immune, yang sedang mengembangkan obat untuk penderita Alzheimer.

Hopp adalah pendukung keuangan klub sepak bola Jerman TSG 1899 Hoffenheim. Ketika Hopp, mulai mendukung klub pada tahun 2000, Hoffenheim bermain di divisi kelima liga sepak bola Jerman (Bundesliga). Saat ini, Hoffenheim berada di divisi pertama Bundesliga dan di musim pertama mereka tahun 2008-2009, mereka memimpin liga pada sast jeda musim dingin. Hopp juga menghabiskan € 100 juta untuk membangun stadion baru berkapasitas 30.000 kursi yang disebut Rhein-Neckar-Arena didekat Sinsheim untuk klub Hoffenheim.

Hopp menikah dan memiliki dua orang anak yang sekarang bertempat tinggal di Walldorf, Jerman. Hopp dan keluarganya juga memiliki sebuah Domaine de Terre Blanche, sebuah resor golf mewah dan sangat terjaga keamanannya di Provence, Prancis, yang dibelinya dari aktor Sean Connery dan memliki rumah di Naples, Florida, AS.

Riwayat Karir


Pada tahun 1972, Hopp mendirikan SAP AG dengan mantan rekannya di IBM yaitu Hans Werner Hector, Klaus Tschira, Claus Wellenreuther dan Hasso Plattner.

Hopp menjabat sebagai CEO SAP AG dari tahun 1988 sampai tahun 1998, pernah juga menjabat sebagai ketua dewan pengawas SAP dari tahun 1998 hingga tahun 2003, dan anggota dewan dari tahun 2003 sampai 2005.

Pada tahun 1997, Hopp tertarik dengan dunia golf dan menemukan St. Leon-Rot Golf Club dan masih menjadi presiden sampai saat ini.

Di tahun 2000, Hopp menjadi salah satu pendukung keuangan dari klub sepakbola Jerman, TSG 1899 Hoffenheim dan berhasil membangun sebuah stadion baru berkapasitas 30.000 kursi.

Pada tahun 2006, setelah pensiun dari SAP AG, Hopp mendirikan sebuah yayasan Dietmar Hopp Stufting ysng didanai dari 70% kekayaannya sendiri. Yayasan ini merupakan yayasan terbesar di Eropa.

Fakta-fakta


  1. Dietmar Hopp pernah bekerja di IBM.
  2. Berhasil mendirikan Systemanalyse und Programmentwicklung (SAP) pada tahun 1972 bersama 4 rekan kerjanya di IBM.
  3. Yayasan Hopp telah menyumbangkan lebih dari € 410.000.000 untuk amal, terutama pemuda, olahraga, kesehatan, pendidikan, dan program sosial.
  4. Memiliki sebuah resor golf mewah, Le Domaine de Terre Blanche, dekat Cannes, dan spa bintang lima di Jerman, Schlosshotel Buhlerhohe dan Hopp juga mensponsori klub hoki es di Mannheim, klub golf di Walldorf, dan sebuah stadion sepak bola di kampung halamannya di Hoffheim.
  5. Hopp merupakan warga kehormatan dari dua lokasi kunci SAP yaitu di Walldorf dan St Leon-Rot.
  6. Resep untuk sukses? Hopp menjawab dengan “kerja keras” dan “memiliki ide yang tepat pada waktu yang tepat.”
  7. Christof Hettich, yang merupakan Ketua perusahaan bioteknologi Cytonet Group, telah bertindak sebagai penasihat untuk Hopp selama beberapa tahun. Hettich tampaknya telah berhasil untuk meyakinkan Hopp untuk berinvestasi di sektor bioteknologi.

Quotes


I’m not someone who puts their money in a fund that earns 2 to 5 percent a year. I’m a man who tries to change things, move something with my money, to create jobs and, of course, at the same time earn more money with it. Dietmar Hopp

The biotechnology wave is similar to the information technology wave of the 1980s and 1990s. Dietmar Hopp

When Ralf Rangnick was in charge, you could see he was out to force a pressing game. Dietmar Hopp

Referensi

This text will be hidden



http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/tech-millionaire/dietmar-hopp-net-worth/
http://news.sap.com/sap-co-founder-dietmar-hopp-celebrates-75th-birthday/

dietmar-hopp-bereitet-seinen-abschied-vor-foto-imago-

Dietmarr Hopp lahir di Heidelberg, Jerman pada tanggal 26 April 1940. Ia adalah salah satu pendiri dari Systems, Applications & Products in Data Processing atau biasa dikenal SAP yang ia dirikan bersama mantan rekan kerja di IBM lainnya ialah Hans Werner Hector, Klaus Tschira, Claus Wellenreuther dan Hasso Plattner. Berkat dedikasi dan kerja kerasnya kini ia menjadi orang nomor 23 “Richest and Tech” versi majalah forbes. Lantas apa rahasia pria berkebangsaan jerman pemilik TSG 1899 Hoffenheim ini hingga bisa menjadi peringkat 140 “Billioners” di seluruh dunia tahun 2017 versi majalah forbes ini ?

Hopp merupakan lulusan dari University of Karlsruhe, Germany in 1965. Ia memulai karirnya sebagai System Administrator di International Business Machines Corporation (IBM), Mannheim, Germany tahun 1966. Lalu setelah mendapat bekal cukup tahun 1972 ia mendirikan SAP AG dengan beberapa temannya dari IBM. Ia memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam hal Managemen. Seperti ketika ia mendapatkan jabatan CEO SAP AG dari tahun 1988 sampai 1998, Chairman dari supervisor board from 1998 sampai 2003 and anggota dari board mulai tahun 2003 sampai 2005. Ketika ia berkecimpung di perusahanya pun ia membuat perusahaan tersebut bernilai hingga €26.382 bilyun dolar. Fakta unik lainnya ialah Jalan didepan Perusahaan SAP nya menjadikan nama dari jalan tersebut menjadi Dietmarr Hopp street dalam bentuk apresiasinya atas kerja kerasnya menjadikan SAP menjadi perusahaan besar seperti sekarang.

Uniknya ia merupakan orang yang sangat amat dermawan. ia mendonasikan 70 persen dari kekayaannya (sekitar €4 bilyun dolar) ke lembaga amal miliknya sendiri, Dietmar-Hopp-Stiftung, dan kini telah menjadi salah satu badan amal terbesar di eropa.Badan amal tersebut menyumbang dalam bidang olahraga, kesehatan, pendidikan dan program sosial.

Seperti kita ketahui dietmar hopp berhasil sukses karena ia mencoba mengambil ilmu sebanyak banyaknya di IBM sebelum akhirnya menjadi Pengusaha yang sukses. Hal tersebut mengajarkan pada kita bahwa pengalaman merupakan guru yang terbaik. Lalu ia juga memiliki Softskill yang sangat bagus dalam hal Kepemimpinan dan Manajemen Bisnis. Hal lain yang bisa kita pelajari dari Hopp ialah menjadi orang dermawan kapanpun dan dimanapun.

cedb7844bd04e9472c44f60d90ac8cbd_f6992

Source :

http://www.wealthx.com/articles/2015/dietmar-hopp/

https://www.bloomberg.com/billionaires/profiles/dietmar-hopp/

http://www.bloomberg.com/research/stocks/people/person.asp?personId=225294&privcapId=126475/

Dietmar Hopp adalah pendiri SAP AG. SAP sendiri singkatan dari System Analysis and Program Development, kemudian berubah menjadi singkatan dari Systems, Applications and Product in Data Processing. SAP adalah perusahaan perangkat lunak raksasa terbesar ketiga di dunia. Dietmar Hopp adalah lulusan di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Karlsruhe di Jerman pada tahun 1965. Setelah lulus dari Universitas Karlsruhe antara tahun 1960 sampai 1965, Dietmar mulai bekerja di IBM di Mannheim sebagai analis sistem. Setelah beberapa lama menjadi bagian dari IBM Dietmar memutuskan untuk keluar dari IBM dan memilih untuk mendirikan SAP. Dietmar mendirikan SAP dengan 4 rekan kerjanya saat masih bekerja di IBM.

Memilih untuk meninggalkan IBM dan mulai merintis usaha baru dari nol sangatlah tidak mudah bagi Dietmar. Banyak sekali halangan yang diperoleh Dietmar saat mulai membuka perusahaan sendiri. Meskipun banyak halangan yang dirasakan Dietmar, dengan kerja keras dan sifatnya yang pantang akan kata menyerah membuat Dietmar bisa sukses seperti sekarang ini. Perusahaan SAP dapat menjadi perusahaan software terbesar di Jerman juga karena Dietmar adalah orang yang pandai membuat inovasi atau gagasan baru dengan waktu yang tepat. Ia pandai dalam mengambil peluang bisnis yang ada disekitarnya dengan passion yang dia punya. “kerja keras” dan "memiliki gagasan yang tepat pada waktu yang tepat”, dua resep itulah yang dipercayai Dietmar Hopp untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Dietmar mengelola SAP seperti sedang mengelola tim olahraga. Memberikan contoh yang rajin saat bekerja, selalu memberi motivasi pada karyawan agar terus produktif. Dietmar juga orang yang pandai dalam manajemen, sudah banyak investasi yang ia lakukan untuk membuat perusahaan semakin sukses. Dia sangat menyukai bisnis tidak hanya di bidang IT, Dietmar telah melebarkan bisnis dan investasinya ke bidang olahraga dan biotek. Dengan hal itu, dapat kita ketahui dietmar adalah orang yang tidak gampang berpuas diri pada satu bidang saja. Dia terus berinovasi dan terus mengasah skill sebagai seorang yang menyukai bisnis. Dietmar terus melatih skill nya dengan merintis bisnis dibidang lain, ia tidak takut rugi dan terus mencoba bisnis-bisnis yang lainya agar lebih mengasah skill nya mengenai bisnis dan menambah pengalaman.

Menurut orang-orang yang mengelilinginya, Dietmar adalah sosok yang sangat dermawan. Ia mempunyai visi yang terus dia pegang selama bekerja, visinya adalah memberikan sesuatu kepada masyarakat. Pada tahun 1995, dia menyumbangkan 70% kepemilikan SAP-nya untuk mendanai Yayasan Dietmar Hopp nirlaba, yang sekarang merupakan salah satu yayasan swasta terbesar di Jerman dan Eropa. Fokusnya adalah regional, sesuai dengan keinginan Hopp untuk mengembalikan sebagian dari kekayaannya ke daerah Rhein-Neckar tempat dia dibesarkan, mendukung olahraga pemuda, penelitian kanker dan penyembuhan penyakit pada anak-anak pada khususnya.

I’m not someone who puts their money in a fund that earns 2 to 5 percent a year. I’m a man who tries to change things, move something with my money, to create jobs and, of course, at the same time earn more money with it.” -Dietmar Hopp

SUMBER:


Dietmar Hopp

WOW adalah kata yang harus diucapkan ketika mendengar perjalanan karir dari seorang Dietmar Hopp. Pria berkembangsaan Jerman ini lahir pada tangal 26 April 1940. Ia adalah pendiri SAP (Systems, Applications & Products in Data Processing). Saat remaja Dietmar belajar teknik komunikasi di University of Karlsruhe (sekarang Institut Teknologi Karlsruhe) antara tahun 1960 dan 1965, memulai karir sebagai analis sistem di IBM di Mannheim sesaat setelah lulus.

Pada tahun 1972, Hopp bersama empat rekan kerjanya meninggalkan IBM untuk meluncurkan perusahaan perangkat lunak bahasa Jerman SAP. Visi SAP sendiri adalah untuk mengembangkan standar aplikasi perangkat lunak dalam proses bisnis waktu yang nyata. Awal karirnya saat merintis SAP memang berliku-liku. Akan tetapi, dengan kerja keras dan kegigihan serta kejeniusannya membuat SAP semakin berkembang tiap tahuannya. Pada tahun 1988, Dietmar menjadi CEO SAP sampai tahun 1998.

Karena mempunyai softskill berbisnis yang baik dan bagus, Hopp selama menjadi CEO, SAP menjadi lebih meningkat dan menjadi pemimpin pasar global dalam aplikasi perangkat lunak enterprise. Selain menjadi CEO SAP, Hopp juga menjadi anggota Dewan Pengwas SAP. Tahun demi tahun telah Hopp lewati dan pada bulan MEI 2005 Hopp memutuskan untuk pensiun dari SAP.

Lalu, apa resep kesuksesannya?

Dalam sebuah wawancara dengan Handelsblatt, Dietmar memasukkannya ke “kerja keras” dan "memiliki gagasan yang tepat pada waktu yang tepat."

Sejak pensiun dari SAP, Dietmar telah berinvestasi di industri biotek. Visinya adalah memberikan sesuatu kembali kepada masyarakat. Sampai saat ini, Yayasan Dietmar Hopp, yang didirikan pada tahun 1995, telah menyumbangkan lebih dari € 410 juta untuk amal, terutama program pemuda, olahraga, medis, pendidikan, dan sosial. Selain itu, Dietmar juga mendukung TSG 1899 Hoffenheim, dan sebagai anak laki-laki ia bahkan bermain untuk tim muda mereka. Sejak pertama kali menerima dukungan finansial dari Dietmar pada tahun 1990, klub tersebut telah meningkat melalui jajaran sepakbola, naik dari tingkat liga lokal hingga ke divisi pertama Bundesliga Jerman yang bergengsi.

Dari cerita diatas dapat kita simpulkan, bahwa carilah pengalaman sebanyak-banyaknya walaupan cuma sebentar. Karena cuma pengalamanlah yang bisa mengantarkan kita ke dunia yang penuh dengan kesuksesan.

Quote :

When Ralf Rangnick was in charge, you could see he was out to force a pressing game.

Sumber :


https://news.sap.com/sap-co-founder-dietmar-hopp-celebrates-75th-birthday/