Diet Raw Food Untuk Anjing, Apa Saja Keuntungannya?

image

Jenis makanan yang kita berikan ke anjing kesayangan kita sangat berpengaruh bagi hidupnya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam memilih makanan yang kita berikan kepada mereka. Tetapi sebenarnya jenis makanan yang manakah yang paling bermanfaat bagi anjing?

Raw food untuk anjing

Sebenarnya apakah itu Raw Food? Jelas seperti yang kita semua ketahui, Raw Food adalah makanan yang mentah atau belum dimasak. Salah satu makanan mentah terpopuler yang diberikan kepada anjing adalah jelas daging dan juga tulang yang disertakan bersama buah dan sayuran atau suplemen untuk memastikan keseimbangan nutrisi.

Karena anjing adalah hewan karnivora, tubuh mereka memang sudah teradaptasi untuk menarik nutrisi dari makanan berbasis hewan. Jadi, daging memang seharusnya menjadi fokus utama diet anjing. Tulang juga memberikan kalsium yang dibutuhkan oleh anjing beserta nutrisi penting lainnya. Raw Food untuk anjing dapat kita persiapkan sendiri atau membeli yang sudah dipersiapkan (Komersil).

Raw food untuk anjing raw bone

Jadi apa saja sebenarnya benefit Raw Food untuk anjing? Ada 5 benefit yang bisa didapatkan oleh anjing kesayangan kita dan benefit itu adalah:

  1. Peningkatan Nutrisi: Karena Raw Food tidak dimasak, nutrisi asli dari makanan tersebut tetap bertahan di makanannya. Ini menghilangkan perlunya vitamin atau mineral sintesis yang biasa ditemukan di makanan komersil.

  2. Pencernaan yang Sehat: Anjing dan kucing memiliki sistem pencernaan yang pendek sehingga membatasi kemampuan mereka mencerna makanan tumbuhan berserat. Karena makanan yang kita berikan banyak berupa daging, energi yang dibutuhkan untuk mencerna makanan berserat hilang dan sistem pencernaan anjing kita akan lebih lancar.

  3. Gigi yang lebih bersih: Sekitar 3/4 dari anjing dan kucing akan menderita penyakit pada gigi mereka ketika mencapai umur 3 Tahun. Makanan berbentuk kibble hanya memberikan benefit yang terbatas dengan membantu mengeruk plak pada gigi. Tetapi proses mengunyah daging dan tulang akan lebih menguntungkan dalam melakukan proses ini. Pengunyahan juga akan mengurut gusi anjing dan meningkatkan sirkulasi.

  4. Bulu yang mengkilap: Diet anjing yang terdiri dari makanan alami dan segar akan memberikannya nutrisi yang lengkap untuk mempertahankan kulit yang sehat dan bulu yang mengkilap.

  5. Bebas dari Alergi/Sensitivitas terhadap makanan: Diet Raw Food pastinya akan Grain-Free atau Gluten free karena tidak adanya bahan seperti jagung, gandum, atau kacang. Nilai nutrisi Raw Food juga tinggi dan bisa membantu anjing mengatasi alergi lingkungan.

Diet Raw Food memang kelihatannya jauh lebih menguntungkan tetapi perlu diperhatikan bahwa Diet ini belum tentu cocok untuk semua anjing. Ada bagusnya jika kita konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikan diet Raw Food. Karena diet yang kita berikan kepada anjing akan mempengaruhinya secara langsung jadi perlu diperhatikan dengan baik.