Dictio Moviephile Community: Disney dan Women Empowerment

Menurut saya perubahan penggambaran perempuan pada film Disney dipengaruhi oleh pola pikir masyarakat pada jamannya. Misalnya dahulu wanita lebih disukai untuk bekerja di rumah saja, sedangkan pria yang harus memiliki pendidikan setinggi2nya dan yang bekerja mencari nafkah. Seiring perkembangan jaman, wanita membuktikan diri mereka bahwa mereka bisa menjadi pemimpin, bisa menentukan pilihan hidup mereka sendiri. Hal itu terbukti bahwa pada saat ini banyak wanita yang dapat menjadi pemimpin suatu negara, perusahaan, ataupun organisasi. Wanita telah beremansipasi dalam berbagai bidang baik sosial, hukum, dan politik. Perubahan penggambaran wanita dalam Disney ini diharapkan agar penonton yang menonton film dapat mengambil pesan cerita yang relevan dengan kehidupan saat ini untuk selalu berusaha dan pantang menyerah mengejar cita-cita dan secara implisit mengajak masyarakat yang masih memegang prinsip patrialisme dapat mengakui dan menerima keberadaan pemimpin wanita. Film Disney favoritku adalah Moana :slight_smile: karena banyak adegan lucunya dan Moana keren banget walaupun banyak rintangan tapi dia tetep ga putus asa untuk nyelamatin rakyatnya.

Izin ya kak nambah sedikit, kalau menurut saya brave seperti perempuan masa kini, walau gitu dia tidak kehilangan jati dirinya, aku juga suka lihat toko brave ini, wanita yang berani bil resiko

1 Like

Flm disney ini menurutku didasari oleh perubahan zaman, dimana pada saat itu rata - rata karakter wanita banyak yang lemah lembut, feminim dan manja. Akan tetapi saat ini disney sudah mengangkat film yang karakter wanita nya tangguh walaupun ia memiliki kedudukan yang tinggi dirumahnya atau kerajaannya, karena menurutku pada tahun kebelakangan ini sampai sekarang disney sudah berkembang akan genre film yang karakter wanita nya berani untuk berjuang untuk memperjuangkan hak nya sebagai wanita.

kebanyakan disney peran perempuan lewat seorang princess atau putri kerajaan yang mempunyai banyak struggle yang biasanya dihadapi dengan teman mereka yang berbeda kastanya, dari banyaknya film disney, aku suka sama film “brave” dimana dia mematahkan opini orang lain bahwa perempuan harus diam diri di rumah dan tidak mengambangkan potensi mereka. dia melakukan petualangan untuk memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan dia.

Seneng banget sih kak kalo ngeliat perubahan penggambaran karakter perempuan dari yang dulu awal-awal sampe sekarang. Bener banget kata kakak-kakak yang lain, Disney terus berkembang seiring dengan perubahan zaman, selalu mencoba menyesuaikan dengan kondisi dunia. Dan penggambaran tokoh itu penting banget dalam sebuah cerita, apalagi untuk film-film Disney yang sebagian besar penontonnya adalah anak-anak yang sangat mudah terpengaruh, mudah mencontoh. Anyway, film Disney kesukaanku kebetulan adalah Brave! Heheh. Merida is my personal hero dan karakter yang relatable menurutku.

Di Film ini pun peran wanita sangat-sangat disorot dimana munculnya penculikan seorang Ibu setiap tahunnya ke planet Mars akibat double burden dari seorang wanita rumah tangga, Pria yang tak berguna dan hanya bermain-main saja melandasi timbulnya film ini.

Film Disney hampir selalu mengangat isu-isu gender di muka bumi ini yang selalu menjadi polemik menahun dan melembutkan dongeng-dongeng asli yang sebetulnya sangat mengerikan sehingga menjadi Indah dan penuh akan pesan moral.

Inovasi yg dilakukan disney terhadap peran utama perempuan yg akhirnya memiliki keberanian dalam bertindak itu keren bgt! Sesuai sama tren zaman juga, sekarang semua hal itu setara siapa aja bisa lakuin kalau mampu dan mau usaha justru bakal jafi boomerang kalau kita ga bisa apa-apa dan bergantung ke orang lain. Well, gue suka banget sama Merida dari Brave dan Rapunzel dari Tangled. Mereka menggambarkan mau lu perempuan tomboy, feminin, kurus, berisi, rambut lurus, keriting, dll lu bisa berjuang dan lakuin banyak hal tanpa perlu khawatir embel-embel perempuan. Mereka memperjuangkab hak mereka, mereka punya bakat dan keahlian, dan mereka adalah sedikit contoh tepat untuk para perempuan untuk lebih percaya kemampuan dirinya sendiri

Menurut ku memang sosok perempuan dalam disney dari era ke era mulai menggali perubahan yg cukup baik sih, dulu mungkin pemikiran kita penikmat film disney yang sukanbgt sama princess itu pasti berharapnya pemeran perempuan yang dimanja sekali jadi sangat ditonjolkan sifat lugu ya semestinya perempuan, apalagi menggambarkan putri kerajaan. Tetapi adanya perubahan jaman yang tentunya dunia perfilman termasuk disney juga akan ikut memberikan hal baru, lagi pula untuk jaman sekarang sosok perempuan atau lelaki tidak bisa dibandingkan karna pada dasarnya diri kita lah sendiri yang bisa menilainya untuk mampu atau tidaknya menjalankan sesuatu. Dan menurutku adanya karakter berbeda bagi perempuan dalam disney entah itu brave, moana itu menarik sekali bagi ku karna banyak juga pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut.

beberapa karakter disney bisa dijadikan role model yang kita butuhkan dalam hidup kita. misalnya percaya diri, menantang diri sendiri, melakukan sesuatu dengan cara nya sendiri, menghadapi konsekuensinya, menemukan jalannya sendiri, pekerja keras, dan tahu persis apa yang mereka inginkan dan bagaimana mereka akan mendapatkannya. Karakter disney yang saya kagumi adalah Nani di Lilo & Stich, dia menjadi wali resmi Lilo setelah keduanya kehilangan orang tua. dia mengejar setiap pemimpin pekerjaan di kota dan bekerja keras untuk membuktikan kepada layanan sosial bahwa dia dapat menyediakan rumah yang stabil untuk Lilo.

Karena perfilman dan ketertarikan anak-anak pasti berkembang sesuai zaman. Jadi gak heran terjadi film2 2d 3d yang pastinya akan membuat atraksi langsung ke penonton. Karakter wanita di disney juga mengikuti zaman. Semakin sini semakin mirip manusia asli, dan mengandung hikmah petikan yang dalam juga dari filmnya. Favorit saya yaitu how to train your dragon 1-3, karakter astrid juga bagus.

Menurut saya terjadinya perubahan ini adalah hal yang baik,namun perlu diingat perubahan penggambaran perempuan pada film Disney sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah perwakilan atas sikap dan kegelisahan budaya pada masanya.Hal ini terbukti dari karakter Putri Salju yang mewakili perempuan ideal pada zamannya yaitu perempuan yang sopan dan pasif.Namun seiring dengan berjalannya waktu yang diiringi oleh beberapa pergerakan, Disney menjadi lebih realistis dalam penggambaran sosok karakter wanita seperti karakter putri yang tidak lagi berkulit putih (karena pada era 90an semua putri berkulit putih) ditandai dengan diangkatnya sosok Pocahontas yang jadi penggambaran sosok native american walaupun pada akhirnya muncul kontroversi atas narasinya.Saya rasa dengan penggambaran Moana dengan fisiknya yang realistis tidak seperti putri disney era 90an,Putri Merida yang enerjik dan bersemangat serta Mulan yang jauh dari kata wanita sopan dan pasif menunjukkan komitmen Disney dalam memenuhi kritikan masyarakat.

Menurutku, peran wanita yang ditampilkan dalam Disney itu menarik. ya tepat sekali perubahan perubahan dari waktu ke waktu terlihat jelas dalam karakter-karakter wanita di film Disney. pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik untuk para penggemarnya tetapi tergantung persepsi masing-masing dan setiap karakter juga memiliki daya tarik yang tersendiri. Karakter-karakter yang dibangun banyak memberi dampak positif dan mungkin dengan ini bisa memecahkan stigma masyarakat tentang wanita yang tidak bisa apa-apa dan bisa membantu wanita yang selalu insecure bisa bangkit.

Menurut saya, film disney dari dulu sampe sekarang memiliki banyak pesan-pesan tersendiri yang dapat kita ambil dan kita terapkan baik yang menggambarkan wanita atau seorang putri yang lemah lembut yang patuh dan menantikan datangnya pangeran tampan ataupun menggambarkan wanita yang tangguh dan bberani dalam mengambil keputusan atau menggambil keputusan dengan usaha sendiri tanpa bantuan dari para pangeran tampan.
Memang dari jaman dahulu wanita digambarkan atau diidenti dengan lemah lembut namun seiring berjalannya waktu dan berubahnya jaman wanita tidak lagi terlalu dicap harus selalu patuh ataupun taat sehingga wanita pada jaman sekarang sudah memiliki kedudukan atau telah terjadi perubahan menjadi wanita yang tanggu, berani, aktif namun tetap anggun atau memiliki rasa sopan santun dengan yang lainnya. Dengan perubahan penggambaran perempuan pada film disney mengajarkan penontonya terutama untuk lebih tangguh, berani dan aktif namun unsur anggun dan lemah-lembut harus tetap ada tidak boleh hilang pada perempuan jaman dahulu ataupun sekarang.
Film disney yang saya suka itu seperti Mulan, Moana, atau film disney yang menggambarkan eprempuan yang tangguh, berani dalam mengambil dan menjalani keputusan, tetap pada pendirirannya dan mamppu memimpin diri sendiri atau kelompoknya.

menurut saya perubahan penggambaran perempuan pada film Disney dapat dilihat dari zaman ke zaman. yang dahulu karakter wanita digambarkan lemah dan tidak bisa melindungi diri sendiri tanpa sosok pangerannya atau dengan kekuatan sihir atau ibu peri sampai ke zaman sekarang wanita harus bisa menjadi wanita yang mandiri dan kuat dengan pendiriannya dan bisa melindungi dirinya sendiri.
jujur semua film disney terutama yang berbau princess adalah favorit saya karena disetiap film mempunyai makna dan penyampaian karakter tersendiri.

Bisa kita lihat memang terdapat dua era film princess produksi Disney terkait penggambaran tokoh perempuan. Era pertama mengambarkan laki-laki selalu menjadi hero para perempuan. Di era kedua, terlihat bahwa Disney berupaya mendobrak stigma remeh perempuan di industri film.

Unsur women in leadership dan women as hero juga terlihat di film disney akhir-akhir ini. Tentunya berpengaruh besar bagi target penontonnya khususnya anak-anak, mereka dididik dengan sudut pandang kesetaraan gender, dengan harapan bahwa generasi mendatang akan memiliki perspektif non bias gender di mana seseorang tidak hanya dilihat dari fisiknya entah cantik atau tampan tetapi karena kemampuan, kepribadian, dan kepemimpinan.

Dan isu ini sebelumnya sempat disinggung dan diwujudkan dalam salah satu adegan di Wreck It Ralph 2. Venellope menjelajah cyberspace bertemu dan mencoba meyakinkan semua karakter putri yang ada di Disney bahwa dia juga putri walaupun berbeda. Salah satu dialognya :

Rapunzel : "And now for the million dollar question, do people assume all your problems got solved because a big strong man showed up? "
Venellope : “yes, what is wrong with that”
All Princess : “She is a princess”


(sumber : http://s2.gosipyuk.com/idimgs/201812/11/3/15445123716147.png)

Paling suka film Meet The Robinsons (2007), nonton pertama kali di Disney Channel pas SD, ada yang pernah nonton juga gak? Film ini ngomongin kegagalan, keberanian untuk maju, dan terus mencoba lagi. Pengembangan karakternya bagus banget, filmnya sangat memotivasi, dan kalau nonton lagi jadi inget waktu kecil punya banyak mimpi yang terlupa dan menjadi dewasa seakan dituntut untuk realistis, padahal kita tetap manusia, baik anak-anak maupun dewasa, gagal dan salah itu gak papa. Slogan yang paling ngena “keep moving foward”

Disney seperti mewakili perkembangan stereotipe perempuan dimasyarakat,. Dimulai dari perempuan pasif yang cantik, muda dan sangat dependent terhadap laki laki. And the bad one always potraying as ugly. And it change to a rebel character. And in the end a really dependent woman the stereotype breaker such as frozen. Disney seperti menjadi refleksi dari lingkungan tentang upaya penyetaraan gender

Menurut saya perubahan dalam film Disney inj berjalan beriringan dengan perubahan zaman dan perubahan pola pikir yang ada di dalam maayarakat. Zaman dulu, perempuan selalu digambarkan bersifat lemah lembut dan selalu membutuhkan pertolongan/perlindungan dari seorang pria. Tetapi seiring berjalannya waktu, Disney kini mulai mengangkat tema women empower dan feminis. Saya yakini hal ini terjadi karena banyaknya suara wanita yang terus menuntut kesetaraan gender. Btw, sejauh ini saya paling menyukai Moana. Iya hidup tanpa pusing memikirkan tentang pangeran atau pendamping hidup. Dia fokus terhadap dirinya agar dapat melakukan sesuatu yang ia inginkan.

menurut saya karakter putri-putri di disney selalu berkembang dari zaman ke zaman. Setiap karakternya pasti memiliki makna tersendiri. Dalam filmnya disney juga banyak sekali menyiratkan pesan moral yang dapat kita ambil. Pada zaman dulu-dulu karakter putri di disney menggambarkan wanita yang lemah dan menunggu pangeran datang untuk menyelamatkan hidupnya. Namun zaman skrng tokoh-tokoh putri di disney diceritakan sebagai putri yang tangguh, jujur serta bijaksana dan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dengan kerja keras yang ia lakukan. Film disney yang saya suka adalah frozen karena difilm ini diceritakan putri yang memiliki tekad kuat untuk menyelamatkan daerahnya demi kepentingan bersama, dan dia bisa menjadi pemimpin yang baik untuk masyarakat daerahnya.

Aku sendiri jujur suka sama perubahan disney dari waktu ke waktu misalnya dulu tentang kisah putri-putri kerajaan yang tidak disukai saudara tirinya atau bahkan ibu tirinya ia jadi di singkirkan dan lain sebagainya. Namun, itu justru menarik perhatian kalangan masyarakt mulai dari anak kecil hinggaborang dewasa apalagi di jaman sekarang sudah di buat versi live action nya yang amat di sukai kalangan remaja khususnya, karena bisa berimajinasi lebih nyata melalui fantasi2 yang disajikan dalam berbagai film disney seperti beauty and the beast, lalaland, aladin hingga mulan.

Film disney favorit aku adalah rapunzel, beauty and the beast, toy story, dan brave. Dari rapunzel kita belajar walaupun diasingkan diatas menara tinggu tapi suatu saat pasti akan ada keajaiban atau pertolongan yang datang entah dari mana dan akan hidup bahagia. Beauty and the beast mengajarkan kita untuk tetap percaya diri dan bersyukur sama apa yang kita punya sekarang karena belum tentu orang lain memiliki apa yang kita punya. Dari toy story jadi belajar untuk lebih menghargai persahabatan entah itu dalam keadaan senang atau susah, bahagia atau sedih kita harus tetap saling bersama agar dapat mencari jalan keluar untuk suatu masalah yang sedang dihadapi. Dan terakhir brave mengajarkan bahwa perempuan itu tidak lemah dan ia tidak harus berada di dalam rumah dan diatur terus-menerus tapi ia berani untuk membuktikan kepada orang tuanya bahwa sebenarnya seorang perempuan itu kuat dan punya keberanian besar seperti laki2 untuk hidup dengan alam.

Perubahan penggambaran pada karakter perempuan dalam setiap film disney mengikuti perkembangan pada dunia. Apalagi dalam dunia modern sekarang dimana wanita hampir memiliki kesetaraan yang sama dengan pria.