Diantara beberapa tipe produk roadmap, mengapa single product roadmap dipilih?

Sumber: https://www.myproductroadmap.com/products/seven-phase-it-strategy-timeline-roadmapping-powerpoint-diagram

Product roadmap adalah rencana yang cocok dengan sasaran bisnis jangka pendek dan jangka panjang dengan solusi teknologi khusus untuk membantu mencapai sasaran tersebut. Roadmap adalah latihan membangun roadmap produk. Roadmap dapat berlaku untuk produk atau layanan baru atau penawaran yang ada. Diantara beberapa tipe produk roadmap, mengapa single product roadmap dipilih?

Menurut pendapat saya jika kita terlibat dalam satu produk maka kita dapat menggunakan single roadmap. Sesuai dengan fungsinya single roadmap adalah dokumen strategis tingkat tinggi. Dokumen ini tidak hanya dibangun untuk ditunjukkan kepada eksekutif saja, mendapatkan dukungan mereka, dan kemudian mengesampingkannya saat kita melanjutkan pekerjaan nyata dalam mendorong pengembangan produk.

Peta jalan produk ini akan menjadi salah satu alat utama untuk mendorong pengembangan produk tersebut. Single roadmap menginformasikan apa yang kita lakukan hampir setiap hari.

Contohnya, katakanlah single roadmap mencakup wawasan waktu pengembangan enam bulan. Jika Anda telah membangun dalam dokumen ini pada bulan Oktober yang direncanakan untuk aplikasi seluler produk Anda, maka Anda akan tahu pada bulan Februari atau Maret bahwa sudah waktunya untuk mulai berpikir tentang tingkat pembelanjaan dan sumber daya apa yang akan Anda butuhkan untuk pengembangan, jenis pengujian apa yang perlu Anda lakukan, dokumentasi dan jaminan apa yang perlu dibuat, dll. Dan dengan tinjauan ke depan itu, Anda dapat mulai merencanakan sekarang untuk mendapatkan inisiatif yang sedang berlangsung sehingga mereka siap pada waktunya untuk adanya rilis tambahan.

Dengan kata lain, roadmap yang standar harus memberi Anda pandangan jangka panjang dari rencana produk Anda dan panduan tingkat lebih mendasar tentang apa yang harus Anda fokuskan untuk memenuhi tujuan dan tenggat waktu tersebut.

Sumber:
https://www.productplan.com/example-roadmaps-for-product-managers/