Di Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Belajar Menyikat Gigi?

Menjaga kebersihan mulut dan gigi pada anak adalah penting dan sebaiknya mulai ditanamkan sedini mungkin.

Semakin awal Anda mengajarkannya, semakin mudah pula anak Anda melakukannya sebagai rutinitas. Cara menjaga kebersihan mulut dan gigi salah satunya dengan menyikat gigi.

Perawatan gigi anak sebaiknya dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh. Saat gigi pertama baru menempel di gusi, Anda bisa mengelapnya dulu dengan kain yang bersih dan agak basah. Ketika nanti gigi pertama mulai tumbuh sempurna, Anda bisa mulai menyikat gigi anak Anda. Namun, ada sebagian dokter juga menyarankan agar anak mulai menyikat gigi sejak empat gigi pertamanya tumbuh. Sebagian lagi menyarankan untuk menunda hingga anak berusia dua sampai tiga tahun.

Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut, kepala yang kecil, dan pegangan yang besar. Terus dampingi proses menyikat gigi, sampai anak Anda bisa berkumur dan meludah tanpa bantuan. Biasanya ini dilakukan hingga sekitar usia enam tahun. Setelah usia tersebut, anak sudah bisa dibiarkan menyikat gigi secara mandiri.

Biasakan untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi hari dan sebelum tidur. Luangkan waktu sekitar dua menit untuk menyikat gigi. Bila sudah dibiasakan sejak usia dini, maka semakin mudah juga untuk anak Anda menyikat gigi secara rutin