Di Jepang, Tamiya Sudah Bisa Dikendarai Oleh Manusia LOH! Check this out!

Kamu tau Tamiya 4WD nggak? Tamiya 4WD adalah mainan jenis mobil-mobilan yang berbentuk seperti mobil balapan serta bergerak menggunakan baterai. Mainan ini sangat terkenal pada era 80 hingga 90-an, sampai memiliki acara Anime yang ditayangkan di stasiun TV. Komiknya bernama Dash Yankuro yang mana menceritakan tentang perjalanan tokoh utama bernama Yankuro dan teman-temannya untuk memenangkan perlombaan dunia balap mobil Mini atau 4WD.

Pada awalnya Tamiya adalah sebuah merk perusahaan mainan asal Jepang yang didirikan oleh pria bernama Yoshio Tamiya. Karena terus berkembang, Tamiya pun akhirnya dikenal sebagai First in Quality Around the World . Terkenalnya nama Tamiya di Indonesia bukan hanya dari Anime dan komik saja tetapi juga pada perlombaan atau tournament yang selalu digelar setiap tahunnya khususnya di negara asalnya Jepang. Biasanya perlombaan Tamiya terbagi atas tiga tipe pertandingan; yang pertama lomba modifikasi tamiya terbaik, lalu balapan lintasan tipe cepat, dan yang terakhir balapan lintasan dengan menggunakan remote control. Tetapi sayangnya perlombaan ini sudah sangat jarang ada di Indonesia.

macam-macam model Tamiya gambar 1

Terkenalnya Tamiya 4WD juga terdapat pada keunikan modifikasi yang membuat penggemarnya serasa seperti sedang membuat model mobil asli versi mini. Tentu jasa modifikasi ini bukan tergolong murah biar pun begitu yah namanya hobby. Penggemar Tamiya akan merasakan kepuasan saat mobil modifikasi mereka lebih bagus dan lebih cepat daripada yang lainnya. Hasil modifikasi mobil Tamiya yang versi dalam tidaklah sekedar bongkar pasang saja tetapi juga perlu adanya penelitian, perhitungan, serta trial and error pada setiap bagian mobil agar mobil mainan tersebut bisa lebih cepat namun tetap memiliki kestabilan saat berjalan di lintasan. Jadi bisa dibilang seperti sedang merakit mobil asli.

macam-macam model Tamiya gambar 2

Terwujud Mobil Aslinya

Di tahun 2015, Jepang Tournament Tamiya kembali digelar untuk menentukan siapa yang terbaik. Kali ini tournament memiliki suasana yang berbeda pada tahun sebelumnya sebab kemunculan mobil Tamiya ukuran skala 1:1 ukuran asli mobil pada umumnya dengan merk Aero Avante 4WD. WOW! Berdasarkan informasi, ukuran life size Tamiya ini memiliki panjang 4,65 meter, lebar 2,8 meter, dan tinggi 1,44 meter (15'3 9'2 4'9 kaki). Kamu pasti berpikir kalau Tamiya ukuran skala 1:1 pasti hanyalah model yang terbuat dari bahan plastik sebagai pajangan saja. Jangan berpikir ke situ dulu karena Tamiya ini bukanlah model tetapi adalah kendaraan asli yang siap dikendarai untuk balapan seperti mobil formula. KEREN!!

Dari mainan Tamiya Model plastik:

Berubah menjadi seperti ini:

Sumber
Di Jepang, Tamiya Sudah Bisa Dikendarai Oleh Manusia

1 Like

HAHAHAHA AREO AVANTE gannnn yang dijadikan percobaan untuk di kendarai keren deh :smiley: mangkanya itu diatas banyak yang lihat hahahah pasti seru tuh kira2 gimana ya kecepatannya :slight_smile: