Devinisi fastboot pada android


(Yossy Risco Andisela) #1

Fastboot adalah kondisi dimana kalian membuka akses kedalam system untuk mengganti atau mereplace sebuah file vital dari OS, seperti melakukan flash terhadap system, user data hingga recovery dan method ini diberlakukan di PC dengan bantuan CMD (Command Prompt).
Lalu bagaimana cara memasuki fastboot mode, diberbagai device android method dalam memasuki mode fastboot beragam sesuai dengan vendor masing-masing sebgai contoh, Sony xperia menekan volume up saat device dalam keadaan power off, Xiaomi dengan menekan volume down + power bersamaan, dan banyak lainnya kalian hanya perlu mencari tahu ke vendor kalian bagaimana cara memasukai mode fastboot ini, dan beberapa dari device android sekarang mengaharuskan untuk unlockbootloader agar dapat mengakses mode fastboot ini, layaknya membuka kunci kedalam bootloader untuk memodif system.

Hal yang diperlukan dalam method fastboot

  1. PC yang dapat menjalankan command prompt dengan baik
  2. ADB driver dan Fastboot driver.
  3. Device yang sudah unlockbootloader (hanya dibeberapa vendor saja yang mengharuskan ini)

Selanjutnya cara melakukan fastboot

  1. Masuk kedalam mode fastboot (sesuai dengan device masing-masing).
  2. Koneksikan device kalian yang sudah masuk mode fastboot dengan PC.
  3. Lalu ketikan perintah “adb devices” di CMD untuk mengetahui device sudah terkoneksi atau belum.
  4. Silahkan masukan perintah fastboot diatas, sesuai dengan keinginan maunya ingin melakukan flash apa sesuaikan dengan perintah tersebut.
  5. Setelah selesai silahkan ketikan perintah reboot agar device kalian keluar dari mode fastboot.

Dengan demikian android anda sudah dapat di gunakan kembali…


(Abda Akbar) #2

Sebelumnya terimakasih telah membagikan informasi ini, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan tentang Fastboot pada Android, Jika ingin masuk ke mode Fastboot, apakah Android harus di root terlebih dahulu? apakah perbedaan fasboot dan boot load? Terimakasih.


(Yossy Risco Andisela) #3

Mungkin yg di maksudkan adalah bootloop…

Pasti pada bingung yaa apa sih Fastboot dan bootloop, oke Fastboot adalah kondisi dimana kalian membuka akses kedalam system untuk mengganti atau mereplace sebuah file vital dari OS tersebut, seperti melakukan flash terhadap system, user data hingga recovery dan method, dan untuk bootloop sendiri adalah masalah pada perangkat lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri-ciri perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang. Jika perangkat Android mengalami bootloop, anda harus flash ulang android, cara tercepat untuk mengatasi bootloop degan cara menghapus atau melakukan flashing dengan cara download aplikasi OS jellybeen dan bisa juga menggunakan OS kitkat. Dengan cara itu android anda dapat di gunakan kembali.