Destinasi wisata sejarah terbaik di Indonesia apa saja?

wisata sejarah

Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai destinasi wisata terbaik di dunia. Negeri kita ini memiliki banyak budaya serta menyimpan beragam kekayaan alam. Tak hanya populer menjadi destinasi wisata kekayaan alamnya saja, tetapi juga destinasi wisata sejarah mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masa lampau ada di Indonesia. Apa saja tempat wisata sejarah di Indonesia?

Destinasi tempat wisata serbaik di Indonesia:

  1. Masjid Raya Baiturrahman
    Masjid ini terletak di kota Banda Aceh, provinsi Aceh. Tempat wisata sejarah populer di pulau Sumatera ini dahulu dibangun pada tahun 1612 ketika masa Kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda. Utamanya, masjid raya ini terkenal menjadi tempat wisata religi selain juga tempat bersejarah. Masjid ini kental dengan sejarah karena dahulu digunakan sebagai markas dan benteng utama pertahanan rakyat Aceh dalam berbagai situasi perang, tempat pasukan perang pada zaman Kesultanan Aceh berkumpul dan menyusun taktik perang, hingga pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar yang berjuang mempertahankan masjid ini dari penjajah.

  2. Candi Borobudur
    Indonesia dipenuhi oleh berbagai macam candi dan tersebar di berbagai daerah. Terdapat sejumlah candi yang bermuara pada zaman kejayaan Hindu-Buddha di nusantara. Yang terpopuler adalah candi Borobudur. Candi ini terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah, dan dapat diakses melalui dua kota utama seperti Yogyakarta dan Semarang. Para ahli sejarah menyatakan bahwa candi Borobudur adalah situs sejarah unik karena dibangun tanpa menggunakan semen sama sekali, hanya disatukan dengan balok yang disusun dengan sistem saling kunci. Situs wisata sejarah purbakala ini dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO dalam beberapa kali kesempatan, menahbiskan keberadaannya sebagai destinasi wisata sejarah terbaik di Indonesia.

  3. Kota Tua Jakarta
    Untuk tempat wisata sejarah satu ini terletak di ibukota, Jakarta. Kota tua merupakan pusat pemerintahan Indonesia pada zaman kolonial. Pada pusat kota zaman kolonial ini, terdapat 3 bangunan utama yang menjadi situs sejarah favorit masyarakat ibukota, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Kantor Pos dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Ketiga tempat ini dahulu masing-masing merupakan tempat penting dalam pemerintah kolonial. Museum Sejarah Jakarta dahulu adalah balai kota Batavia, kantor gubernur jenderal VOC, sementara Museum Seni Rupa dan Keramik adalah gedung dewan pengadilan tingi Batavia, dan kantor pos tidak pernah berubah fungsinya.

  4. Taman Sari Yogyakarta
    Beralih ke Daerah Istimewa Yogyakarta, ada salah satu situs tempat wisata sejarah yang kini populer di media sosial! Nah, itu lah dia Taman Sari Yogyakarta. Terletak sekitar 0,5 kilometer di sebelah selatan Kraton Yogyakarta, destinasi sejarah ini dahulu merupakan taman dari istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Hamengku Buwono 1, diperkirakan pada tahun 1755, tepatnya setelah Perjanjian Giyanti. Taman ini memiliki sejumlah bangunan dan ruangan, seperti bagian sakral, kolam pemandian, dan pulau kenanga. Dalamnya terdapat jembatan gantung, kolam pemandian, kanal, serta lorong bawah air.

  5. Masjid Menara Kudus
    Pada bangunan suci masyarakat Islam ini, terlihat percampuran kebudayaan antara masa Hindu-Buddha dengan Islam. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1549, pada saat penyebaran agama Islam di pulau Jawa, dan diprakarsai oleh salah seorang anggota Wali Sanga, Sunan Kudus. Masijd ini memiliki ciri khas sebuah menara setinggi 18 meter, serta bagian dasar dengan ukuran 10 x 10 meter. Pada bagian dalam menara terdapat sebuah tangga dari kayu jati, serta hiasan dan corak pada bagian luar menara yang terdiri dari 3 susunan yaitu kaki, badan, dan puncak bangunan. Destinasi wisata sejarah ini merupakan salah satu mesjid tertua di Indonesia. Terletak pada sisi barat masjid merupakan makam dari Sunan Kudus.

Sumber: