Destinasi wisata alam di Sumatera Utara ada apa saja ?

wisata_indonesia

(fikri) #1

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan seni adat-istiadat-nya. Secara geografis Sumatera Utara mempunyai pulau berjumlah 419 dan berbatasan dengan Aceh. Sedangkan untuk pusat pemerintahan daerah ini berada di Kota Medan. Sumatera Utara memiliki tempat wisata yang sangat elok, salah satunya adalah Danau Toba yang merupakan danau terluas di Indonesia. Namun, adakah wisata alam lain di Sumatera Utara?


(vira indriana) #2

Beberapa tempat Panorama wisata alam di Sumatera Utara:

1. Air Terjun Situmurun

image

Nama lain dari Air Terjun Situmurun adalah Air Terjun Binangalom. Keindahan air terjun ini sudah lama dikenal keindahannya oleh para wisatawan lokal bahkan hingga wisatawan mancanegara. Di lokasi air terjun ini Anda bisa menikmati segarnya berenang di bawah air terjun karena airnya yang sangat jernih. Ketinggian air terjun Binangalom atau Situmurun sekitar 70 meter dan memiliki 7 tingkatan. para pengunjung atau wisatawan biasanya menghabiskan waktu dengan memancing atau berenang di tepian air terjun.

2. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Ini merupakan sebuah obyek wisata di Sumatera Utara, tepatnya di desa Dolok Tinggi Raja yang sangat menarik. Jika biasanya salju memiliki suhu yang dingin, lain halnya dengan di Sumatera Utara yang memiliki salju panas. Sebenarnya ‘salju’ ini adalah tanah pada kawasan Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang bewarna putih, sehingga seperti salju. Selain kawasan bertanah putih ini, Anda juga dapat menjumpai sebuah danau air panas yang memiliki warna biru kehijau-hijauan di sini. Maka itu, tempat ini dinamakan salju panas.

3. Danau Linting

image

Danau Linting memang tidaklah sepopuler wisata Danau Toba, tapi Danau Linting merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik untuk dikunjungi. Sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang yang membuat warna airnya bewarna kehijauan. Jika ingin berenang, perlu berhati-hati karena Danau Linting memiliki kedalaman lebih dari 100 meter.

4. Sipinsur

Sipinsur, begitulah namanya sebuah obyek wisata yang menyajikan panorama wisata pemandangan alam Danau Toba, tempat wisata ini ada di desa Pearung, Kecamatan Paranginan, kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Jika dari parapat, sensasi liburan yang kita dapatkan adalah mungkin serunya bermain air danau toba di tepian pantainya, dan jika anda berada di pulau samosir anda akan mendapatkan sensasi wisata dimana anda berdiri di pulau yang ada di tengah danau terbesar se-asia tenggara dan segala panorama yang ada. Namun, jika anda berkunjung ke lokasi wisata sipinsur ini, maka anda akan mendapatkan sensasi wisata yaitu suguhan pemandangan alam yang indah sekali.

5. Pantai Pandan

Wisata Pantai Pandan memiliki ombak yang biru bergulung dengan hamparan pasir lembut. Wisata pantai menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi semua orang. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran kalau punya banyak pantai nan indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pandan ini. Pemandangan yang cukup indah membuar para pengunjung akan betah beralama-lama dan kembali lagi untuk menikmati keindahan laut yang cukup mempesona. Pastinya pantai ini akan sangat menarik untuk di jarikan surfing para peselancar.

Sumber: