Desa manakah yang terdingin di Planet Bumi?

Ternyata di dunia ini memiliki desa yang terdingin di planet bumi, saya penasaran desa apakah yang dimaksud?

Oymyakon, Rusia. Desa terdingin di planet Bumi yang secara permanen dihuni oleh manusia ini pernah mencapai suhu terendah -67,7 C (-90 F) pada tahun 1933, dan rata-rata untuk bulan Januari menjadi -50 C (-60 F). Luar biasa dingin sekali, kan?

Desa yang kini berpenduduk 500 orang itu dulunya hanya sebuah tempat persinggahan para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum di sebuah sumber air panas di Desa ini. Oh iya, Desa ini memiliki sumber air panas, mungkin itulah sebabnya mengapa Desa ini diberi nama Oymyakon, yang berarti “air yang tidak membeku”.

Meski sudah berpuluh-puluh tahun menjadi pemukiman permanen, kehidupan manusia di Desa ini masih sangat sederhana. Sebagian besar rumah masih menggunakan batu bara dan kayu untuk pemanas. Para penduduk di Oymyakon mengandalkan daging rusa dan kuda sebagai makanan utama, itu disebabkan karena tak ada tumbuhan yang bisa tumbuh di Desa terdingin di planet Bumi ini. Memang cukup menyiksa, tapi kalau membayangkan hidangan daging panas setiap kali jam makan tiba, rasanya hati akan sedikit terhibur.

Oymyakon adalah lokasi yang sangat menantang. Terbukti dengan banyaknya turis yang datang ke sana tiap tahunnya untuk menikmati berburu rusa dan memancing di air es. Tempat yang sempurna buat lo yang bosan mandi matahari di pinggir pantai.

Desa bersuhu ekstrim ini akan sulit dilalui oleh mereka yang masih single. Bukannya apa-apa, soalnya setiap detik di desa ini, diperlukan minimal sebuah pelukan untuk menghangatkan tubuh. Jadi buat yang berencana datang ke sini, jangan lupa untuk membawa jaket lo yang paling tebal.

Sumber:

Selain itu juga ada tempat terdingin lainnya. Yellowknife dinobatkan sebagai kota paling dingin di Kanada pada tahun 2014. Terletak sekitar 320 mil dari Lingkar Arktik, ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada adalah rumah bagi lebih dari 20.000 orang.

Kota ini didirikan pada 1934 sebagai kota pertambangan. Hari ini adalah tempat utama untuk melihat aurora borealis bagi wisatawan yang dapat bertahan pada suhu yang turun hingga 26 derajat Fahrenheit di bawah nol pada bulan Januari.

Suhu terdingin yang pernah tercatat di Yellowknife minus 60 derajat pada tahun 1947. Ga kalah dingin kan sama di omyakon