Denim berasal dari bahan apa?

Istilah denim memang telah akrab ditelinga kita, selain itu sering juga kita dengar kata jeans. Sebenarnya bahan ini terbuat dari apa?

3 Likes

Denim merupakan salah satu bahan kain yang kuat dan sering dibuat untuk beberapa pakain seperti jeans, jaketm dll, Dalam hal ini bahan denim berasal dari katun kasar/twikk yang kuat dan tebal sehingga cocok digunkan untuk bekerja lapangan. Dalam hal ini denim terdiri dari berbagai jenis seperti Dry denim. prewach denim, selvedge denim, dan colored denim.

Sumber :

3 Likes

Setau Saya dulu ketika masih awal2 dikenalkannya celana denim atau jeans, pembutan awalnya menggunakan bahan matras. Hal ini dikarenakan pengguna awal dari celana ini adalah pekerja bangunan. Biasanya para pekerja ini ketika melakukan kegiatan kerjanya sering sekali celana mereka sobek. Sehingga penemu celana jeans atau denim ketika awal memasarkan celana tersebut menggunakan bahan matras agar tidak mudah sobek. Hal tersebut disambut baik oleh para konsumen nya yaitu para pekerja tadi.

3 Likes

Balik lagi ke asal mula namanya, kata denim berasal dari dari kata serge de nime yaitu kain yang kokoh dari Prancis. Walaupun terdapat perdebatan bahwa denim bukan berasal dari Prancis. Meski masih belum jelas asal usul kata denim, tidak ada salahnya bagi kita untuk sekedar mengetahuinya. Setidaknya dengan mengetahui sedikit informasi mengenai sejarah denim, dapat menambah wawasan kita.

2 Likes