Dean’s Blue Hole, Lubang Biru Terdalam di Dunia

Lubang biru adalah sebutan untuk fenomena gua bawah air yang terbentuk dari sinkhole atau lubang runtuhan yang terisi air. Disebut demikian karena jika dilihat dari permukaan lubang berisi air laut tersebut tampak berwarna biru pekat, lebih tua daripada warna biru air laut di sekitarnya. Di dunia ini terdapat banyak sekali fenomena lubang biru. Tetapi yang paling dikenal barangkali Great Blue Hole Belize atau Lubang Biru Besar Belize.

Jika kebanyakan lubang biru dan lubang tanah memiliki kedalaman maksimal 110 meter, hal tersebut tak berlaku bagi Dean’s Blue Hole. Kedalaman lubang yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama ini mencapai lebih dari 200 meter. Para penyelam dan pengamat pun menobatkan Dean’s Blue Hole sebagai lubang laut terdalam di dunia.

Meski aman untuk wisatawan, namun untuk menyelami kedalaman Dean’s Blue Hole harus melakukan teknik menyelam tegak lurus hingga ke dasar lubang. Hal tersebut karena lubang akan melebar setelah penyelam mencapai kedalaman 20 meter. Semakin ke dalam, diameter lubang akan mencapai 100 meter.

Oleh karena itu, untuk penyelam pemula disarankan tidak menyelam lebih dari 20 meter, atau ketika lubang laut masih berdiamter mulai dari 25 sampai 35 meter. Jangan khawatir, karena Dean’s Blue Hole tetap memberikan pemandangan biota laut yang cantik di kedalaman 20 meter. Bahkan, menyaksikan kontras warna biru dari permukaan laut sudah membuat hati berdecak kagum.

Sumber: