Daun Katuk Tingkatkan Produksi ASI

image

Saat menyusui, seorang ibu sangat membutuhkan asupan buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran untuk bisa meningkatkan produksi ASI. Salah satu jenis sayuran yang sering digunakan oleh para ibu menyusui adalah daun katuk (Sauropus androgynus).

Menurut Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Profesor Bambang Pujiasmanto, daun katuk memiliki sejumlah kandungan yang memperlancar dan meningkatkan ASI. Daun katuk mengandung efedrin, vitamin A, B, C, K dan pro vitamin A (betakaroten), mangaan, kalsium, fosfor, zat besi dan serat. Selain itu, katuk bisa berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, daun katuk juga mengandung banyak klorofil yang dapat membersihkan sisa limbah metabolisme di jaringan tubuh, sekaligus mengatasi parasit, bakteri, dan virus di dalam tubuh manusia. Senyawa yang berperan aktif dalam bioaktivitas katuk diduga meningkatkan produksi ASI berdasarkan efek hormonal dari kandungan kimia sterol yang bersifat estrogenik.

Pendapat Bambang ini serupa dengan hasil temuan Sa’roni Sa’roni dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, dan Tonny Sadjiman, Mochammad Sja’bani, serta Zulaela Zulaela dari Universitas Gajah Mada.

Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada 2004, Sa’roni dan kolega mengonfirmasikan bahwa ekstrak daun katuk bisa meningkatkan kuantitas produksi ASI hingga 50,7 persen dibandingkan plasebo, tetapi tidak berpengaruh pada kualitas ASI.

Sumber: