Dapatkah kita temukan tempat wisata di Kota Baja?

cilegon

Sejak lama kota Cilegon menyandang julukan Kota Baja yang merujuk pada besarnya produksi baja yang menempati peringkat pertama di Asia Tenggara. Selain itu apakah ada sisi lain di Cilegon yang bisa dijadikan tempat berlibur?

Berikut daftar tempat-tempat menarik di Cilegon:

  1. Menikmati Cilegon Dari Ketinggian Via Gunung Batu Lawang
    Gunung Batu Lawang adalah kawasan dataran tinggi yang berada di wilayah Gerem, Merak. Tempat ini mempunyai topografi berupa pegunungan granit yang saling berjajar membentuk semacam pintu gerbang, dalam bahasa Jawa disebut dengan Lawang. Dari itu kemudian daerah ini diberi nama Gunung Batu Lawang. Dari puncak Gunung Batu Lawang ini akan terlihat jelas pemandangan hamparan pesisir sebelah barat kota Cilegon dengan lautnya yang biru.

  2. Gunung Batur, Destinasi Wisata Agro di Cilegon
    Gunung Batur adalah spot untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti kemping, hiking, gantole serta belajar aneka flora dan fauna. Letaknya berada sekitar 8 kilometer dari pusat kota Cilegon atau tepatnya berada di kecamatan Pulomerak. Selain menawarkan kegiatan petualangan, tempat yang satu ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah dari puncak gunungnya.

  3. Pulau Merak, Tempat Ngadem di Kota Baja
    Pulau Merak sendiri terdiri dari pulau Merak Besar dan pulau Merak Kecil. Keduanya sama-sama memiliki pesona yang keren untuk liburan. Pulau Merak Besar menyimpan berbagai macam flora dan fauna. Dengan kondisi alam yang masih asri dan tak berpenghuni pulau ini menawarkan pengalaman berlibur di tempat yang alami. Di pulau ini pula terdapat monumen tsunami Gunung Krakatau di tahun 1883. Sedangkan pulau Merak Kecil letaknya ada di barat daya pulau Merak Besar. Pulau ini menyimpan gugusan koral yang indah. Kedua pulau ini berfungsi sebagai penghalang ombak menuju pelabuhan Merak.

  4. Pantai Kelapa Tujuh, Sisi Alami Pelabuhan Merak
    Tidak jauh dari pelabuhan Merak terdapat pantai dengan suasana yang masih alami bernama Pantai Kelapa Tujuh. Pantai ini punya ombak yang landai sehingga cukup aman untuk digunakan berenang oleh para pengunjung. Lokasinya berada di kota Cilegon, Banten sekitar 9 km dari pintu Tol Jakarta-Merak, kearah utara pelabuhan penyeberangan Merak. Panorama di pantai ini cukup apik dengan kapal-kapal besar lalu lalang di tengah laut serta kawasan asri di pesisir yang merupakan bagian dari lereng Gunung Batur.

  5. Pantai Pulorida, Inilah Florida Ala Cilegon
    Tempat wisata berikutnya ini memiliki nama yang sangat unik. Adalah pantai Pulorida, namanya mengingatkan kita pada salah satu pantai paling populer di Amerika, pantai Florida. Pantai ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pelabuhan penyeberangan Merak atau tepatnya masuk dalam wilayah kelurahan Lebakgede, kecamatan Pulomerak. Karena kemiripan nama inilah Pantai Pulorida menjadi incaran traveler dari dalam dan luar negeri. Apalagi pemandangan di pantai ini juga cukup keren dengan adanya Pulau Temposo di tengah laut yang punya pasir pantai putih dan laut yang jernih.

Sumber:
https://travelingyuk.com/tempat-wisata-di-cilegon/14990/