Dapatkah katarak disembuhkan hanya dengan mengonsumsi obat-obatan?

katarak

Adakah obat-obatan yang dapat menyembuhkan atau hanya mengurangi progresivitas penyakit ini? Apa saja obatnya dan bagaimana cara kerjanya?

Sejauh ini belum ada obat yang teruji untuk memperlambat, mencegah, atau mengobati katarak. Adapun pada hewan, katarak dapat dicegah dengan aldose reductase inhibitor yang menghambat perubahan glukosa menjadi sorbitol—suatu penyebab terjadinya katarak.

Adapun pengobatan definitif untuk katarak adalah:

  1. Intracapsular Cataract Extraction
    Mengekstraksi seluruh lensa. Keuntungannya adalah tidak membutuhkan alat yang canggih, dan bisa dilakukan di tempat dengan fasilitas terbatas, dan dapa digunakan bila zonularnya sudah terlalu rusak. Kekurangannya adalah insisinya tergolong luas, sehingga penyembuhan luka lebih lama serta rentan terkena penyakit mata.
    Kontraindikasinya adalah katarak pada anak dan dewasa muda serta ruptur kapsul karena trauma.

  2. Extracapsular Cataract Extraction
    Mengambil lens nucleus melewati bukaan pada anterior capsule, dan membiarkan posterior capsule intak. Insisinya lebih kecil, sehingga angka timbulnya komplikasi pascaoperasi lebih rendah.

  3. Phacoemulsification
    Insisi lebih kecil dari ECCE, sehingga jangka waktu wound healing lebih cepat, dan angka kejadian komplikasi pascaoperasi jauh lebih kecil. Namun membutuhkan fasilitas yang memadai.

Sumber:
http://emedicine.medscape.com/article/1210914-treatment