Dapatkah ayam dimandikan pada malam hari?

Bisakah ayam dimandikan? Terutama pada malam hari?


Dalam memandikan ayam bangkok sebenarnya dapat dilakukan kapan saja baik itu pagi, siang dan malam hari. Jika memandikan ayam hanya untuk melatih pernafasan ayam dapat dilakukan dengan membersihkan dahulu lendir yang ada pada tenggorokan ayam tersebut setelah selesai baru dimandikan. Untuk memandikan bisa dimulai dari mengusapkan dari bagian ketiak ayam kemudian kebagian leher ayam dan baru kekaki ayam.

Setelah selesai dimandikan ayam dapat dijemur selama 10 menit diterik matahari pagi hingga pukul 10 pagi. Bila sudah terbiasa dengan memandikan dan menjemurnya bisa ditambahan waktu menjemurnya. Diatas jam 10 sudah tidak diperbolehkan untuk menjemurnya karena akan membuat metabolisme ayam rusak. Jika anda memandikan pada siang hari maka anda bisa menjemurnya hanya 10-15 menit dan saat memandikan tidak bole terlalu basah. Tidak lupa untuk memberikan air minum setelah selesai penjemuran.

Untuk ayam dimandikan pada malam hari sebaiknya menggunakan air hangat (40-50 ÂșC). Ayam dimandikan pada malam hari jangan terlalu basah juga sebab udara pada malam hari dingin yang akan mengganggu sistem saraf dan peredaran darah. Jika ayam sudah terlanjut basah mungkin bisa dilakukan pengeringan dengan mengabarkan dengan lawan lain. Setidaknya 10 menitan untuk mengeringkannya.

Jika sudah mulai mengering ayam bisa diberikan jamu agar tetap sehat dan prima. Kemudian barulah dimasukan dalam kandang dan jangan lupa untuk memberikan lampu agar ayam tetap hangat.

Perlu diketahui bahwa dalam memandikan ayam sebaiknya menggunakan busa agar tidak terlanjur basah. Yang pasti bila ayam kurang sehat atau sedang sakit sebaiknya jangan dimandikan. Sabung Ayam Online

Demikianlah cara ayam dimandikan pada malam hari. Semoga cara ini bisa dapat dilakukan oleh para penghobi sabung ayam.