Dapatkah anda mencari tahu siapakah pelakunya?

Belakangan ini awak media dan netizen dihebohkan oleh adanya kasus pembunuhan seorang wanita cantik (18) yang diketahui berprofesi sebagai model majalah dewasa.

Belum ada keterangan pasti dari pihak kepolisian saat ini mengenai siapa pelaku dan apa motifnya sampai tega menyetubuhi dan berakhir pembunuhan tragis.

“Kami masih terus mencari tahu dengan menghubungi kerabat dan teman-teman serta siapa saja yang terakhir kali berkomunikasi dengannya.” Ujar Komjen Buwas saat diwawancarai tim teka-teki.

Sulastri, cewek cantik dan seksi yang karirnya harus berakhir disaat sedang populer ini dikenal sebagai wanita baik dan bisa menjaga kehormatannya meski profesinya yang terkenal panas dan hot.

Menurut keterangan dari salah seorang warga, Sulastri sebelumnya sempat diajak kencan oleh seorang pria bernama Paimin. Akan tetapi, sulastri menolaknya dengan nada sedikit kasar lantaran pria tersebut mengajaknya dengan nada memaksa.

“Kemarin-sih ada pria muda datang kerumah lastri dengan membawa motor besar dalam keadaan mabuk berat dan mengajak lastri jalan-jalan, tapi Lastrinya gak mau dan cowok tersebut terus memaksanya.” Ungkap Sulaiman, tetangga Sulastri.

Jayadi, ayah korban sempat mengamuk dan tidak terima atas perlakuan yang menimpa putri semata wayangnya, dia juga menjelaskan kepada media bahwa putrinya adalah orang baik dan jarang banget mau diajak pergi sama laki-laki, terlebih malam hari.

“Kebetulan pas kejadian itu saya bersama istri saya pergi keluar kota untuk menyelesiakan urusan kerja, dan ketika mau pulang dapat kabar kalau anak saya sudah pergi selama-lamanya.” Tambahnya.

Beberapa tuduhan juga sempat mengarah kepada pedagang roti keliling langganan Sulastri. Hal itu berdasar pengakuan teman dekat lastri yang rumahnya berdekatan dengannya.

“Kemarin saya lihat pedagang roti langganan kami bertingkah aneh dan tak biasa saat lewat tepat didepan rumah lastri, padahal dia bawak rotinya sambil dipikul, tapi kenapa kok jalannya cepet gitu kayak sedang terburu-buru, saya jadi curiga.” Tutur Slamet, teman lastri.

Beberapa hari kemudian, Kepala kepolisian menanggapinya dengan tegas dan lantang. “Kami sangat serius dalam menangani kasus ini. Jika seorang tukang roti terbukti bersalah, kami akan memprosesnya berdasarkan hukum yang berlaku.”

Beberapa artis, termasuk salah satunya (Aye Tang-Tang) berkomentar. Saya berduka, kita semua berduka, mari berdo’a sama-sama semoga pelaku mendapat hukuman yang setimpal dan semoga orang tuanya beserta keluarga diberi ketabahan menghadapi cobaan ini. Amin…
-END-

Dari contoh teks berita diatas, dapatkah Anda mencari tahu siapa pelakunya…?

Jawaban
Nama pelaku adalah “Jika”

Perhatikan kalimat berikut
Beberapa hari kemudian, Kepala kepolisian menanggapinya dengan tegas dan lantang. "Kami sangat serius dalam menangani kasus ini. Jika seorang tukang roti terbukti bersalah, kami akan memprosesnya berdasarkan hukum yang berlaku."
Pada bagian “Jika seorang tukang roti terbukti bersalah” sudah mengarah kepada nama si-pelaku dan profesinya adalah sebagai penjual roti keliling.