Dampak kesehatan apa saja yang akan terjadi ketika kadar fluoride terlalu berlebihan?

mulut

Selain dari efek kekurangan fluoride, ada juga sejumlah efek yang dapat dialami oleh seseorang yang kelebihan fluoride. Dampak kesehatan apa saja yang akan terjadi ketika kadar fluoride terlalu berlebihan?

Terimakasih mohon bantu jawabannya yang jelas ya soalnya saya sangat membutuhkan informasi ini. Mohon di jawab ya

Efek Kelebihan Fluoride

  1. Fluorisis
    Efek yang akan terjadi pada anak dengan pemberian fluoride terlalu banyak adalah fluorisis di mana ini juga disebut juga dengan pengapuran gigi. Keadaan gigi yang seperti ini juga dianggap sebagai komplikasi yang bahkan juga dapat muncul bercak pada gigi berwarna kecoklatan.

  2. Kerusakan Tulang
    Memang diakui bahwa fluoride adalah mineral penting untuk kekuatan tulang serta gigi, tapi jika fluoride dalam kadar yang normal, tidak lebih dan tidak kurang. Walau mampu menguatkan gigi, terlalu tingginya kadar fluoride pada tubuh kita justru tidak baik untuk tulang dan bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan. Risiko patah tulang pun akan meningkat khususnya bagi yang sudah lanjut usia dan kelebihan fluoride.

  3. Pubertas Dini
    Bagi anak-anak yang masuk masa remaja, pubertas dini justru bisa menjadi efek dari kebanyakan fluoride di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan telah ditemukan sejumlah penelitian yang menghubungkan antara produksi kelenjar pineal dengan fluoride pada jumlah yang tinggi. Sebagai akibatnya, menstruasi akan datang lima bulan lebih cepat pada gadis-gadis remaja ketimbang mereka yang tidak mengalami kelebihan fluoride.

  4. Kerusakan Otak
    Organ otak kita pun bisa terkena dampak bahayanya akumulasi fluoride di dalam tubuh sehingga kesehatan sistem saraf otak pun terganggu. Terlalu banyaknya fluoride bahkan tak hanya tak baik bagi tulang dan gigi karena otak pun akan mengalami risiko penyakit alzheimer lebih tinggi dari mereka yang memenuhi asupan fluoride pada takaran normal.

  5. Kerusakan Sistem Reproduksi
    Waspadai segala sesuatu yang berlebihan, termasuk juga mineral fluoride. Segala jenis mineral apabila dipenuhi dengan tepat tak akan membahayakan dan justru menutrisi tubuh dengan baik. Fluoride pada kadar tinggi diketahui dapat memengaruhi produksi sperma pada pria secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini cukup mengerikan karena hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah percobaan kepada binatang yang diberikan fluoride dosis tinggi sehingga sistem reproduksi hewan itu mengalami kerusakan. Rupanya, hal tersebut juga bisa dialami oleh manusia.

Sumber: https://halosehat.com/gizi-nutrisi/mineral/fluoride