Dampak internet bagi individu :))

1 Like

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Internet mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Antara lain :

Dampak Positif :

  1. Internet mempermudah komunikasi setiap Individu di dunia.
    Sejak ada Internet,seseorang yang ingin menghubungi seorang sahabat karib yang berada diseberang benua sana tidak perlu lagi untuk menaiki perahu dan berlayar berbulan bulan untuk menemuinya sekedar untuk berbicara. saat ini ada app chatting yg menggunakan internet antara lain : facebook,twitter,line,whatsapp dll.

  2. Internet mempermudah seseorang untuk mencari informasi.
    Sebagai seorang pelajar, saya merasa beruntung karena internet membantu saya mencari materi pelajaran ketika materi tersebut tidak ada dalam buku pelajaran.
    Dan juga setiap manusia membuhtukan informasi yang harus di ketahui,internet membantu manusia atau pengguna untuk memberikan segala informasi yang di butuhkan.contohnya salah satu situs internet yang sering di gunakan bagi manusia dalam mencari informasi umumnya manusia menggunakan Google dan Youtube .

  3. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dalam internet kita bisa melakukan keuntungan dalam bidang perdagangan ,membuka lowongan Bisnis salah satu situs internet yang sekarang ini kita ketahui membuka Olshop dengan aplikasi yang mempermuda masyarakat bertransaksi misalnya Tokobagus dan lain lain.

Dampak negatif :

  1. Munculnya budaya plagiarisme dan membuat seseorang tidak kreatif. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. Hal ini sudah biasa kita sebut ‘copast’ copy paste.

  2. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek tidak baik untuk kantong, dsb.

  3. Quality time dengan keluarga jadi berkurang.

  4. Di dunia nyata kuper, padahal di medsos terkenal.

sumber : http://www.kompasiana.com/lilmbone/dampak-positif-internet-dan-negatif-bagi-manusia_54f96399a3331135028b50bd dan http://momo-isyudha.blogspot.co.id/2014/01/dampak-positif-dan-negatif-internet.html

Pada era modern hari ini , masyarakat dihadapkan dengan kecanggihan teknologi yaitu internet yang setiap individu pasti mengenalnya dan bahkan menggunakannya.
Arus globalisasi makin mencengkeram kita untuk tidak menggunakan internet .
Perlu kita telusuri dan menyikapi adanya teknologi yang terus berkembang memaksa kita untuk senantiasa menggunakan internet dalam berbagai hal.

Perkembangan teknologi khususnya internet memaksa indonesia menjadi budak dari ekonomi digital, program barat yang menjadikan pemuda indonesia khususnya untuk semakin konsumtif, menjadi pemakai dari teknolgi AS dan China.

Mahasiswa di fakultas ilmu komputer dan anak SMK diarahkan mencari ide untuk startup yang merupakan agenda barat untuk mendukung penggunaan teknologi.

Ya memang positif segala teknologi yang maju ini apalagi internet sebagai rodanya, tapi ingat pemuda adalah agent of change, lihat kondisi negeri ini . . . . (apa akan berubah dengan fokus di ekonomi digital, sementara di belakang barat banyak agenda mengusai SDA)