Dampak apa yang terjadi Akibat dari Kesalahan cara Berkomunikasi pada suatu Manajemen Organisasi?

Pada sebuah manajemen organisasi banyak dikatakan bahwa komunikasi merupakan kunci penting dalam sebuah organisasi. Mengapa demikian? Apakah sebenarnya dampak dari kesalahan komunikasi dalam manajemen organisasi?

Komunikasi memang menjadi dasar dari sebuah manajemen. Komunikasi digunakan oleh para manajer atau pimpinan pada sebuah organisasi untuk menyampaikan apa yang ingin dicapai dari organisasi mereka.

Dampak apabila terdapat kesalahan dari komunikasi dalam manajemen organisasi adalah :

  1. Kesalahan dalam membuat keputusan apabila keputusan yang diambil oleh pimpinan organisasi ternyata tidak diterima dengan baik oleh middle-level pada sebuah organisasi.

  2. Kesalahan dalam mengembangkan strategi perencanaan apabila fokus sebuah organisasi tersebut salah dalam mengartikan apa tujuan dari sebuah organisasi seperti yang disampaikan oleh top-level.

  3. Mengabaikan masalah etis berbicara pada saat berada di sebuah rapat yang membuat kesalahpahaman antar komponen organisasi.

  4. Kesalahan dalam evaluasi ketika seorang pimpinan memberikan tanggapan dan kritik namun karyawan tidak memahami apa poin-poin yang di evaluasi oleh pimpinan.

  5. Kesalahpahaman peran karyawan pada saat pemimpin memberikan peran atau tugas kepada karyawannya.

  6. Kurangnya timbal balik yang dibutuhkan dalam proses berjalannya sebuah organisasi.

  7. Kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh pemimpin sehingga mengganggu proses monitoring yang seharusnya dilakukan.

  8. Terlalu ramah terjadi apabila pimpinan terlalu intens berkomunikasi dengan karyawan sehingga membuat karyawan memanfaatkan keramahan yang ditonjolkan oleh pimpinannya.