Dalam roadmap pengembangan TIK di Kemenpora harus mempertimbangkan beberapa komponen utama, Apa saja komponen utama tersebut?

image

Dalam melakukan pengembangan TIK di Kemenpora maka pada roadmap ini pun mempertimbangkan beberapa komponen utama dalam penentuan. Apa sajakah itu?


Pengembangan Kebijakan, ditandai dengan komponen yang berwarna kuning. Fungsi dan tujuan dari roadmap ini adalah untuk menyediakan payung hukum dari pengembangan TIK agar selaras dengan visi dan misi di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Fungsi lain dari roadmap ini di bidang ini adalah untuk melakukan koordinasi di antara lini (deputi-deputi, instansi mapun masyarakat) sehingga program TIK di Kemenpora diharapkan dapat berkembangan dengan baik.

Infrastruktur, ditandai dengan komponen yang berwarna biru tua. Pengembangan TIK tidak akan berjalan tanpa kualitas layanan infrastruktur yang baik. Roadmap pengembangan infrastruktur ini didasari pada beberapa hal seperti:
a. Kondisi infrastruktur yang ada di Kemenpora.
b. Penerapan Teknologi terbaru yang dapat meningkatkan kualitas infrastruktur.

Aplikasi, ditandai dengan komponen yang berwarna hijau muda. Salah satu dari wujud pengembangan TIK di lingkungan Kemenpora adalah peningkatan kualitas aplikasi untuk e-govermen. Oleh karena itu roadmap pengembangan dan pengelolaan aplikasi menjadi salah satu fondasi utama pada roadmap ini. Pengembangan dan pengelolaan aplikasi akan memperhatikan bebrapa komponen berikut ini:
a. Tugas dan fungsi Kemenpora. Setiap aplikasi yang ada di Kemenpora akan dikelola dan dikembangankan untuk membatuhi memenuhi kebutuhan internal dan eksternal dalam pengelolaan data dan informasi untuk menunjang keterbukaan informasi serta pencapaian kinerja pemerintahan yang handal.
b. Undang-undang yang mengatur beberapa hal seperti penggunaan domain, data geospatial, implementasi layanan publik dan berbagai macam undang-undang lainya.
c. Ketersediaan data dan sumber daya manusia. Pengembangan dan pengelolaan aplikasi akan diatur agar dapat meningkatkan efiseisi dalam pengelolaan sumber informasi serta untuk meningkatkan kualitas SDM agar tercipta efektifitas kerja di lingkungan Kemenpora.

SDM (Sumber daya Manusia ) dan informasi, ditandai dengan komponen yang berwarna biru muda. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk melakukan peningkatan dari SDM serta data dan informasi sehingga pengembangan TIK dapat berjalan dengan baik. Melalui roadmap ini pengembangan SDM diharapkan dapat meningkatkan kualtias SDM TIK. Fokus dari pengambangan ini adalah sebagai berikut:
a. Peningkatan kualitas SDM melalui sosialisai dan bimbingan teknis sehingga komponen khususnya yang terkait dengan TIK dan kebijakan publik dapat mengetahaui serta memahami hal-hal yang terkait dengan TIK.
b. Peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan yang dikhususkan pada bidang tertentu seperti persuratan, keamanan, manajemen resiko dan lain-lain.
c. Survey dan informasi untuk melalukan pembaharuan data seperti data pemuda, olahraga, event dan lain-lain

Referensi : Artikel “Roadmap Pengembangan Teknologi Informasi Komunikasi 2015-2020 Kementerian Pemuda dan Olahraga”