Dalam rencana wisata lebih baik pakai travel agent atau atur sendiri?

image

Sukses atau tidaknya sebuah liburan ditentukan sejak tahap perencanaan. Bagi yang tak ingin ribet dengan hal ini biasanya lebih memilih menggunakan jasa travel agent. Tetapi pilihan ini bukan lantas memberikan jaminan liburanmu akan menyenangkan. Lalu lebih baik pakai travel agent atau mengatur sendiri jika ingin berwisata?

Tentukan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan.
Belakangan ini ada banyak aplikasi khusus yang menawarkan harga diskon untuk pemesanan tiket di beberapa tempat atraksi seperti taman hiburan, waterpark, dan masih banyak lagi. Memanfaatkan aplikasi semacam itu selain praktis juga akan membantu dalam menghemat pengeluaran.

Sementara bagi yang melakukan perjalanan bersama banyak orang, atau tak ingin repot-repot membuat perencanaan sendiri, bisa mendaftarkan diri ke paket tur yang sering ditawarkan oleh biro perjalanan. Biasanya hanya dengan sekali membayar, wisatawan sudah mendapatkan fasilitas lengkap seperti tour guide dan makanan. Namun jangan harap bakal mendapat santapan lezat nan mewah.

Kesimpulannya, semua tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan atau setidaknya berapa banyak orang yang ikut serta dalam perjalanan. Selain itu perhitungkan juga seberapa fleksibel liburan yang diinginkan.

Mereka yang pernah membeli tiket pesawat sendiri tanpa bantuan perantara pasti tahu ada banyak biaya khusus yang dibebankan pada konsumen. Oleh karena itu jika Anda ingin solusi yang lebih nyaman dan praktis, agen perjalanan biasanya menawarkan tiket dengan harga lebih baik. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket ‘sisa’ dengan harga cukup murah.

Namun demikian, belakangan ini juga ada aplikasi khusus seperti Skyscanner, yang memudahkan dalam mengamati fluktuasi harga tiket dan memberikan peringatan ketika terjadi perubahan, plus memilih jadwal penerbangan yang jauh lebih pas dengan rencana perjalanan. Intinya, pilihlah opsi yang menurut Anda paling praktis dan sesuai dengan rencana.