Dalam mendaki, lebih memilih memakai sepatu atau sandal gunung?

Mendaki gunung telah menjadi kegiatan yang semakin banyak dilakukan orang akhir-akhir ini. Menurut kalian lebih memilih memakai sepatu atau sandal gunung?
perlengkapan mendaki

Sepatu
Kelebihan
Kelebihan utama sepatu gunung adalah dengan sempurna melindungi telapak kaki. Saat pendakian, kita tidak bisa memprediksi apa yang akan kita temui di sepanjang perjalanan, apakah semak berduri, lintah, ataupun batu terjal. Sepatu gunung menawarkan kenyamanan. Selain itu sepatu juga akan melindungi kaki kita tetap hangat, sehingga akan terhindar dari kram otot.

Kekurangan
Biasanya, keluhan utama dari sepatu gunung adalah bobotnya yang lebih berat dari sandal. Selain itu, pengguna sepatu akan kesulitan melewati medan basah. Sepatu akan bertambah berat jika basah.

Sandal gunung
Kelebihan
Sandal gunung memiliki bobot yang ringan, lebih ringan daripada sepatu gunung. Melewati medan apapun, entah basah, berlumpur, sungai, beratnya tetap nggak nambah. Selain itu, sandal gunung juga membuat kakimu cepat kering setelah melewati medan basah.

Kekurangan
Kekurangan utama sandal gunung adalah tidak bisa meng-cover semua bagian kaki. Seringkali jari lecet dan luka karena terbentur batu atau tanaman liar ketika memakai sandal.