Dalam bidang apa data paling diperlukan?

Data merupakan hal terpenting atau dasar dari sebuah decision making atau pengambilan keputusan. Semua bidang keilmuan dan pekerjaan pasti membutuhkan suatu data untuk memutuskan langkah selanjutnya, pertanyaan saya adalah Dalam bidang apa data paling diperlukan / dibutuhkan?

Sebelumnya mari kita bedakan data dengan informasi, data adalah sekumpulan nilai yang telah terbukti atau berupa fakta sedangkan informasi adalah hasil dari pengolahan data itu sendiri. Terkadang kita salah mengartikan jika kita mengetahui sesuatu maka kita telah mengetahui sebuah informasi, namun nyatanya tidak. Jika kita mengetahui minat atau hobi beberapa orang di suatu kelas kita hanya mengetahui data saja, kita akan memiliki informasi setelah kita mengolah data tersebut misalnya presentase laki-laki yang memiliki hobi basket di kelas. Data menjadi sangat penting ketika telah dikelompokan dan dianalisis menjadi sebuah informasi, karena jika bicara soal angka saja kita tidak tahu arti dari kumpulan angka tersebut.

Data adalah hal penting yang perlu kita siapkan sebelum mengambil keputusan, selain itu data juga bisa menimbulkan gagasan-gagasan baru atau inovasi karena dengan data kita menjadi tahu hal apa yang harus kita lakukan kedepannya. Lalu dalam bidang apa saja data dibutuhkan, jawabannya adalah semua bidang perlu memiliki data. Bahkan pedagang es krim keliling pun perlu memiliki data, pedagang es krim seharusnya mengumpulkan data kapan dia harus berjualan, apakah pagi, siang, atau bahkan malam. Dengan mengetahui data kapan dia harus berjualan maka besar kemungkinan es krim nya terjual lebih banyak. Atau dia bisa mengumpulkan data rasa es krim apa yang paling disukai sehingga es krimnya akan banyak dibeli. Dan masih banyak hal yang bisa dilakukan dengan data.

Semua bidang perlu memiliki data, terutama mereka yang bergelut dibidang sains dan matematika. Karena mereka pasti melakukan serangkaian uji coba, dan data hasil uji coba itulah yang perlu dikaji untuk mengetahui keberhasilan dari uji coba tersebut. Bidang humaniora pun perlu memiliki data karena tanpa data kita tidak bisa membuktikan apa-apa.

Sumber :

https://beta.ifundwomen.com/blog/2017/6/27/data-the-single-most-important-thing-you-need-to-know
https://cnmsocal.org/featured/5-reasons-paying-attention-to-data-is-important/

Tidak berlebihan jika kita bicara bahwa data adalah sesuatu yang paling penting dalam kehidupan. Manusia bergerak dengan adanya data, tanpa adanya data tidak akan tercipta adanya informasi. Tanpa adanya informasi tidak akan ada Knowledge, dan tanpa Knowledge manusia tidak akan bisa membuat keputusan akan tindakan selanjutnya.


Sumber: https://www.whitehouse.gov/sites/whitehouse.gov/files/images/open%20data%201.png

Jika ditanya “Bidang apa yang paling memerlukan data?” pertanyaan tersebut akan menjadi sangat luas dan sangat subjektif. Orang yang berkarir di bidang eksak seperti peneliti, dokter, ilmuwan, teknisi tentu sangat memerlukan data. Ada kesalahan angka atau data sekecil apapun akan mengubah hasil secara keseluruhan. Tetapi orang yang berkarir dalam bidang sosial seperti pemerintahan, akuntan, dll juga memerlukan data yang akurat, kesalahan sekecil apapun tentu akan mengubah hasil akhirnya juga. Oleh karena itu kesimpulannya semua bidang memerlukan data sama besarnya walaupun jenis datanya berbeda - beda.

Sumber:

  1. http://dislautkan.jogjaprov.go.id/web/detail/116/arti_pentingnya_data_bagi_instansi_pemerintah_(perspektif_perencanaan)
  2. https://www.inc.com/aj-agrawal/why-data-is-important-for-companies-and-why-innovation-is-on-the-way.html

Data adalah sekumpulan fakta yang jika digabungkan akan menjadi sebuah informasi lalu menjadi sebuah pengetahuan selanjutnya pengetahuan akan menolong kita dalam mengambil keputusan tentang tindakan selanjutnya.

Data sangat penting jika kita ingin meneliti sesuatu atau membuat suatu hal yang baru, setiap orang membutuhkan data yang berbeda-beda seperti seorang ilmuwan meneliti sesuatu yang di butuhkan adalah data di bidang sains yang akurat jika tidak maka penelitian tersebut bisa gagal, begitu juga dengan dokter yang ingin meneliti penyakit data yang dibutuhkan adalah data tentang penyakit tersebut. Jadi setiap orang memiliki data yang penting di bidangnya masing-masing contohnya seperti yang sudah saya jelaskan.

Sumber :
https://www.import.io/post/what-is-data-and-why-is-it-important/