CV ATS Friendly: Benarkah Mendapatkan Perhatian lebih dari HRD?

Bagi banyak orang, CV (Curriculum Vitae) merupakan sesuatu yang tak asing lagi didengar bagi Job seeker maupun mahasiswa. CV atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai informasi, pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya yang disusun secara sistematis.

Agar CV dapat memberikan kesan pertama bagi HR, sebaiknya CV lamaran kerja dibuat dengan baik, rapih dan tentu saja lengkap sesuai kualifikasi, tentu saja akan sangat mudah untuk dilirik oleh HRD dan membuat kesempatan semakin besar untuk lolos ketahap berikutnya, seperti interview, test psikologi dan proses lainnya.

Di banyak perusahaan besar dengan banyaknya jumlah pelamar menggubakan sistem ATS untuk mengefisiensikan proses penyaringan kandidat. ATS (Applicant Tracking System) adalah suatu sistem atau software yang digunakan suatu perusahaan untuk mengumpulkan resume/ CV dan menyeleksinya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci.

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam laman Jobscan pada tahun 2018, disebutkan bahwa 99% dari perusahaan Fortune Amerika Serikat menggunakan CV ATS untuk menyeleksi Aplicant resume. Dengan demikian, agar pelamar dianjurkan untuk melamar pekerjaan menggunakan CV ATS agar langsung dibaca oleh manajer atau HRD.