Cuka sebagai disinfektan

cuka

Cuka merupakan bahan masakan yang sudah tak asing lagi ditemukan di dapur rumah kita. Selain berfungsi sebagai pemberi rasa asam pada masakan, cuka pun sering digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Namun, apakah cuka dapat berfungsi sebagai disinfektan?

Bagaimana bisa cuka membunuh bakteri dan virus?

Cuka yang beredar di pasaran biasanya mengandung asam asetat dengan rentang konsentrasi 5%-20%. Asam asetat inilah yang berperan dalam membunuh bakteri dan virus tersebut. Pada bakteri, asam asetat ini mudah melewati membrane sel bakteri sehingga dapat masuk ke dalam sel dan merusaknya. Tetapi kemampuan tersebut bukan karena pengaruh sifat asam dari asem asetat, karena percobaan lebih lanjut menunjukkan bahwa ketika asam asetat diganti dengan asam klorida (HCl) dengan tingkat keasaman yang sama, cairan tersebut tidak menunjukkan efek disinfektan seperti yang ditunjukkan oleh asam asetat. Sedangkan, pada virus, justru sifat asam pada asam asetatlah yang menyebabkan terjadinya inaktivasi virus yang disebabkan oleh perubahan konformasi struktur protein permukaan virus (HA glikoprotein) sehingga menyebabkan pembentukan agregat.

Bagaimana cara pengunaannya agar efektif sebagai disinfektan?

Prof. Collignon, direktur departemen Mikrobiologi dan Penyakit Infeksi di rumah sakit Canbera, mengemukakan bahwa disinfektan mampu membasmi bakteri dengan tingkat kematian sebanyak 99% dalam 10 menit eksposur. Artinya, jika terdapat 1.000.000 bakteri, maka setelah penggunaan disinfektan akan menyisakan 10,000 bakteri yang masih hidup. Tetapi, jika sebelumnya dilakukan penggosokan dibagian permukaan yang dibersihkan, bakteri yang bersisa akan berkurang menjadi sekitar 10 – 1.000 bakteri saja. Hal ini karena penggosokan mampu merusak matriks permukaan bakteri sehingga memudahkan cuka atau disinfektan lainnya masuk ke dalam membran dan merusak sel.

Referensi & sumber gambar

http://sainspop.com/cuka-sebagai-disinfektan/

http://baitulmaqdis.com/wp/wp-content/uploads/2014/12/mukjizat-Islam-Manfaat-cuka.jpg