Apa Manfaat dari Cuka Apel bagi Kecantikan?

manfaat cuka apel

Halo. Akhir akhir ini cuka apel cukup happen di dunia kecantikan. Memangnya apa saja manfaatnya untuk kecantikan wajah maupun badan? Terimakasih.

1 Like

Cuka apel bisa mengatasi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Gunakan cuka apel pada daerah kulit yang berjerawat, kemudian usap dengan kain lembut seperti penggunaan toner saat membersihkan muka.

image

1. Untuk mencegah jerawat
Perawatan wajah dengan cuka apel bisa membantu mengatasi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang terbuat dari buah apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membersihkan wajah–agar bebas dari bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, pori-pori akan jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak apabila dibersihkan dengan menggunakan cuka apel. Kegunaan lainnya adalah untuk menyeimbangkan PH kulit sehingga jerawat tidak akan kembali lagi.

Cara menggunakan cuka sari apel:

  • Sediakan satu bagian cuka sari apel kemudian campur dengan 2 bagian air bersih

  • Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran bahan alami tersebut ke kulit yang berjerawat

  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat

2. Bisa dimanfaatkan sebagai toner untuk wajah
Manfaat cuka sari apel untuk kecantikan yang petama adalah sebagai toner. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, memperkecil pori-pori, sekaligus memperlancar aliran darah. Berbagai manfaat tersebut tidak lepas dari adanya kandungan asam alfa hidroksi yang terdapat di dalamnya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai toner kulit wajah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Sediakan kurang lebih setengah cangkir cuka sari apel. Kemudian campurkan dengan air yang sudah disuling dengan perbandingan yang sama. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial, misalnya minyak lavender.

  • Setelah dicampur rata, oleskan larutan tersebut di permukaan kulit wajah dengan menggunakan bola kapas

  • Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin

  • Sisa toner alami buatan tersebut bisa Anda terapkan sekali atau dua kali dalam sehari. Namun ingat! pastikan Anda mengocoknya sebelum digunakan agar campuran larut dengan sempurna

  • Apabila Anda memiliki kulit normal, campuran yang digunakan adalah 1 bagian cuka sari apel dan 2 bagian air sulingan

  • Jika memiliki kulit sensitif, tambahkan lebih banyak air, misalnya hingga 4 bagian dan kurangi frekuensi menggunakan toner. Sebelum mengaplikasikan di kulit (muka) yang sensitif, pastikan Anda melakukan tes terlebih dahulu di kulit belakang telinga.

3. Memutihkan kuku yang kuning
Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan kuku, mulai dari kapur, belimbing wuluh, buah belimbing, hingga cuka sari apel. Khusus untuk cuka apel, bahan alami ini terkenal ampuh dalam mengatasi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku. Baik itu yang diakibatkan oleh bahan kimia, pewarna, karena sering merokok, infeksi jamur, atau karena gaya hidup yang buruk.

Alasan mengapa cuka ini sangat baik dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kuku adalah karena kandungan asam malat serta asam asetat yang terdapat di dalamnya. Selain efektif untuk membersihkan kuku, cuka ini juga ampuh digunakan untuk mengobati infeksi pada kuku. Misalnya, jika Anda mengalami cantengan atau semacamnya

Referensi

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan – Cantik Menawan