Contoh Roadmap Produk: Ini Bergantung pada Audiens

image
Sebelum Anda mulai membuat peta jalan, Anda perlu mengidentifikasi audiensnya sehingga Anda dapat menyesuaikan konten, fokus, dan presentasi sesuai kebutuhan mereka.

Dalam roadmap yang menghadap eksekutif, misalnya, Anda akan ingin menekankan visi produk dan fokus pada keselarasannya dengan tujuan bisnis Anda. Namun, dengan peta jalan untuk insinyur, Anda sebaiknya fokus pada fitur tertentu.

Berikut adalah empat contoh konstituen roadmap, dan fungsi utama peta berfungsi untuk mereka.

Peta Jalan Internal untuk Eksekutif
Untuk audiens ini, pemangku kepentingan eksekutif Anda dan tim kepemimpinan yang lebih besar, tujuan Anda adalah untuk memastikan buy-in untuk visi produk Anda, dan untuk mempertahankan dukungan dan antusiasme selama siklus pengembangannya.

Peta jalan ini harus fokus, karena itu, pada konsep strategis tingkat tinggi - pertumbuhan pendorong seperti itu, penetrasi pasar baru, kepuasan pelanggan, atau posisi pasar.

Contoh Roadmap Produk
Contoh peta jalan eksekutif menghadap, dibangun menggunakan perangkat lunak peta jalan produk.

Peta Jalan Internal untuk Engineer
Roadmap ini sering berfokus pada fitur, rilis, sprint, dan tonggak. Mereka biasanya lebih terperinci dalam lingkup dan durasi yang lebih pendek daripada peta jalan yang menghadap eksekutif. Bagi mereka yang menggunakan metode pengembangan gesit, peta jalan ini sering berada di tingkat epik atau fitur. Namun, tujuan dan tema produk harus tetap menjadi komponen dari peta jalan ini.

Sertakan sebanyak mungkin transparansi dalam peta jalan rekayasa Anda. Meskipun pengembang Anda akan kurang fokus pada visi produk dan potensi pendapatan, itu adalah praktik cerdas untuk memasukkan tonggak dan persyaratan yang relevan yang dihadapi departemen lain, sehingga pengembang Anda memahami tenggat waktu dan persyaratan khusus Anda.

Product Roadmap menggunakan sprints
Snapshot dari roadmap rekayasa sampel, dibangun menggunakan perangkat lunak peta jalan produk

Peta Jalan Internal untuk Sales
Tim penjualan Anda akan ingin tahu bagaimana produk akan membantu mereka menjual lebih banyak, jadi fokus Anda di sini harus pada kombinasi fitur dan manfaat pelanggan. Fokus pada bagaimana produk akan menguntungkan perwakilan Anda secara langsung, serta manfaat pengguna yang dapat mereka komunikasikan kepada pelanggan dan prospek mereka. Kapan pun memungkinkan, kelompokkan fitur / item serupa ke dalam tema yang dapat didiskusikan oleh perwakilan penjualan dengan calon pelanggan.

Gunakan hati-hati saat berbagi peta jalan internal dengan Penjualan. Adalah tidak biasa bagi perwakilan penjualan untuk berbagi peta jalan internal dengan pelanggan, sebagai cara untuk menutup kesepakatan, membangkitkan minat dan menjaga prospek tetap hangat. Untuk menghindari tim penjualan Anda melakukan suatu produk pada tanggal rilis tertentu, adalah ide yang baik untuk mengecualikan tanggal rilis atau peluncuran dalam roadmap yang Anda bagikan dengan Penjualan.

Peta Jalan Eksternal untuk Pelanggan dan Prospek
Saat merancang peta jalan produk untuk pelanggan dan prospek Anda, fokus Anda harus sepenuhnya pada manfaat produk bagi mereka. Karena ini adalah dokumen eksternal, peta jalan pelanggan harus visual, menarik dan mudah dimengerti.

Ini adalah praktik terbaik untuk tidak menyertakan tanggal rilis atau peluncuran di peta jalan yang menghadap eksternal. Sama seperti perwakilan penjualan yang berbagi peta jalan internal dengan calon pelanggan dapat menyerahkan tim Anda secara prematur ke tanggal rilis, peta jalan eksternal Anda dapat mengunci Anda ke dalam risiko komitmen berlebihan yang sama. Kecuali Anda yakin tentang tanggal ketersediaan produk, itu adalah praktik cerdas untuk menghindari memasukkan tanggal di peta jalan yang menghadap ke luar.

Referensi