Component Diagram

Component Diagram


Definisi


diagram UML yang menampilkan komponen dalam system dan hubungan antara mereka. Pada component View, akan difokuskan pada organisasi fisik system. Pertama, diputuskan bagaimana kelas-kelas akan diorganisasikan menjadi kode pustaka. Kemudia akan dilihat bagaimana perbedaan antara berkas eksekusi, berkas dynamic link library (DDL), dan berkas runtime lainnya dalam system.

Tipe-Tipe Komponen


1. Generic Component

komponen mempresentasikan module perangkat lunak dengan sebuah antar muka yang di Devinisikan dengan baik. Para spesifikasi komponen, kita dapat menspesifikasi tipe komponen dalam kolom stereotype( Active X, Applet, Aplikasi, DLL, Executable). Dalam UML, notasi keadaan digambarkan sebagai berikut.

2. Subprogram specification and Body

Notasi ini mempresentasikan spesifikasi subprogram yang terlihat dan bagian implementasi. Subprogram secara tipikal adalah kumpulan beberapa subroutine. Subprogram tidak berisi devinisi kelas.

3. Main program

Notasi ini mempresentasikan program utama. Program utama adalah berkas yang berisi root program. Contoh, pada power builder, ada berkas yang berisi obyek Aplikasi.

4. Package Specification and Body

Sebuah paket atau package adalah implementasi kelas. Sebuah paket spesifikasi adalah berkas header, yang berisi informasi fungsi prototype untuk kelas. Di C++, spesifikasi paket adalah berkas .h. di Java, kita menggunakan notasi paket spesifikasi untuk mempresentasikan berkas .java. Sebuah package Body berisi kode untuk operasi-operasi dari kelas. Di C++, package body adalah berkas .cpp.

5. Task Specification and Body

Notasi-notasi ini mempresentasikan paket yang memiliki Thread kontrol yang berdiri sendiri. Berkas executable biasanya mempresentasikan spesifikasi task dengan ekstensi .exe.

6. Database

Notasi ini mempresentasikan sebuah basis data, yang berisi satu atau beberapa skema. Pada komponen diagram, basis data ditunjukkan seperti ini

Detail komponen


1. Stereotype

Stereotype mengatur notasi yang akan digunakan untuk mempresentasikan komponen. Strereotype adalah (yang menggunakan notasi komponen), spesifikasi subprogram, subprogram body, program utama, paket spesifikasi, package body, executable, DLL, spesifikasi task, dan task body.

2. Bahasa Pemrograman

Kita dapat menandai bahasa pemrograman pada komponen-komponen dasar. Jadi, dapat dibangkitkan satu bagian model di C++, bagian lainnya di Java, bagian lainnya di Visual Basic dan sebagainya.

Rose Enterprise berisi tambahan untuk ANSI C++, Ada 83, Ada 95, CORBA, C++, Java, Visual basic, Visual C++, Web modeler, XML/DTD, Dan Oracle 8. Ada banyak lagi tambahan tersedia dari beberpa vendor untuk memperluas kemampuan Rose. Untuk bahasa pemrograman lain (Power Builder, Forte, Visual Age for Java, etc) mungkin akan dipesan juga.

3. Deklarasi

Ada bagian untuk mencantumkan deklarasi pelengkap yang ditambahkan pada saat generate code untuk setiap component. Deklasrasi termasuk bahasa pemrograman pernyataan spesifik yang digunakan untuk mendeklarasi variable, kelas-kelas, dan sebagainya. Pernyataan #include kepada C++ juga termasuk deklarasi ini.

4. Kelas-kelas

Sebelum men-generate code untuk sebuah kelas, maka harus dipetakan dulu kekomponen. Pemetaan ini membantu Rose mengetahui kelas-kelas mana saja yang akan dipetakan dalam berkas fisik kode.

Referensi

http://mrofiuddin.blogspot.co.id/2011/11/pengertian-component-diagram-dalam-uml.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Component_diagram