Ciri-ciri Kulit Wajah Menua & Cara Cepat Mengatasinya

Ciri-ciri Kulit Wajah Menua Penuaan memang sebuah hal yang tidak dapat dihindari. Semua orang pasti akan mengalami penuaan dan risiko-risiko di dalamnya. Ketika penuaan telah terjadi, pasti akan sangat merusak penampilan. Pasalnya, penuaan akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit dapat muncul.

Beberapa permasalahan pada kulit yang menandakan penuaan sebenarnya sangat beragam. Jika tidak ditangani dengan benar, kondisi semacam ini tentu akan membuat kulit menjadi tidak sehat, dan kurang menarik. Apa saja sih tanda-tanda penuaan yang sering dialami? Berikut adalah penjelasannya:

Ciri-ciri Kulit Wajah Menua

Sebagian orang mungkin secara tidak sadar mengalami tanda-tanda penuaan. Karena tidak sadar, membuat permasalahan pada kulit jadi tidak diatasi dengan benar. Akibatnya, permasalahan kulit yang muncul akan jadi permanen, dan membuat tampilan menjadi terlihat tua.

ciri ciri kulit wajah menuaBerikut ini adalah beberapa ciri dari kulit wajah yang menua menurut klinik kecantikan Beautylogica:

  1. Garis Halus dan Kerutan

Ciri penuaan pada kulit wajah yang pertama adalah munculnya garis halus dan kerutan. Tanda penuaan ini sangat mudah untuk dikenali. Bukan saja hanya terjadi pada orang lanjut usia, namun garis halus dan kerutan juga dapat muncul pada orang yang usianya masih muda, lho!

Garis halus dan kerutan sebenarnya muncul karena kulit tidak lagi memiliki keelastisitasan yang cukup. Hal ini terjadi dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya seperti paparan sinar matahari, dan gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Kulit Wajah Mengendur

Kulit wajah yang mengendur menjadi ciri-ciri kulit wajah menua berikutnya. Pada dasarnya, kendurnya kulit wajah disebabkan oleh berkurangnya volume pada area tertentu di wajah. Hal ini disebabkan adanya pengurangan lemak pada area-area tersebut. Beberapa area yang sering mengalami kendurnya kulit wajah adalah seperti pipi, dan area sekitar mata.

  1. Kulit Kering & Kasar

Ketika usia semakin bertambah, kelembapan kulit akan berkurang. Hal ini membuat kulit menjadi kering, dan kasar. Kondisi semacam ini dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, dan stres.

Ciri penuaan kulit wajah yang telah disebutkan di atas, hanyalah sebagian kecil dari banyaknya ciri-ciri lainnya. Apabila kamu mengalami salah satu ciri di atas, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan rekomendasi perawatan agar tanda penuaan ini tidak menjadi permanen.

Apakah Ciri-ciri Kulit Wajah Menua dapat Dicegah?

Langkah pencegahan untuk penuaan wajah sebenarnya dapat dilakukan. Namun hal ini harus dilakukan ketika kamu masih berusia muda. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pencegahan agar kulitmu tetap terjaga kesehatan dan penampilannya. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah ciri-ciri kulit wajah menua menurut Beautylogica Clinic:

  • Terapkan Gaya Hidup Sehat

Langkah pencegahan yang pertama adalah dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Tindakan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya adalah dengan cukupi waktu istirahat, berhenti merokok, berhenti minum alkohol, dan konsumsi makanan kaya gizi dan serat.

  • Berikan Perlindungan Lebih untuk Kulit

Upaya untuk mencegah penuaan wajah dapat kamu mulai dengan memberikan perlindungan lebih pada kulit. Ketika ingin beraktivitas di luar ruangan, biasakan untuk memberi tabir surya atau sejenisnya pada kulit. Hal ini sangat dianjurkan untuk meredam paparan sinar UV penyebab kulit menjadi kusam dan muncul kerutan.

  • Hentikan Produk Kosmetik yang Berbahaya

Penggunaan kosmetik yang tidak terkontrol menjadi salah satu penyebab penuaan lebih cepat terjadi. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dan selektif dalam memilih produk kosmetik. Sebisa mungkin kenali jenis kulit dan bahan dasar dari produk kosmetiknya, agar pemakaian produk kosmetik menjadi lebih aman untuk digunakan.

Jenis Perawatan untuk Mengatasi Ciri-ciri Kulit Wajah Menua

Setelah mengetahui ciri-ciri kulit wajah menua, penting juga bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini adalah rekomendasi perawatan untuk mengatasi penuaan pada wajah dari Beautylogica Clinic:

[embed]BOTOX : WAJAH AWET MUDA BEBAS KERUTAN - YouTube

  1. Threadlift (Tanam Benang)

Threadlift adalah sebuah treatment untuk mengencangkan dan meremajakan kulit dengan benang Polydioxanone (PDO). Dengan benang sebagai medianya, tentu garis halus dan kerutan dapat teratasi dengan lebih efektif.

Selain untuk mengatasi kerutan dan garis halus, Threadlift juga dapat mengatasi beberapa hal lain, seperti mengkontur dan meniruskan wajah. Jenis perawatan estetik ini sangat aman untuk dilakukan. Karena dalam tindakan prosedurnya, perawatan ini akan ditangani oleh dokter dengan kompetensi khusus, seperti dokter estetika, kulit, ataupun bedah plastik.

  1. Botox

Botox merupakan sebuah treatment injeksi yang dalam tindakan prosedurnya menggunakan Botolinum Toksin. Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk merileksasikan otot. Dengan merileksasikan otot, akan membuat kulit menjadi kencang dan tampak lebih muda.

Di Beautylogica Clinic, treatment Botox tersedia dalam dua jenis, yaitu Gold & Platinum. Jenis perawatan ini memiliki sangat banyak penggemar. Selain karena memberikan hasil yang memuaskan, Botox dinilai juga sangat aman dan minim risiko efek samping. Perawatan ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin mengatasi ciri-ciri kulit wajah menua.

  1. Filler

Sama seperti Botox, Filler juga merupakan sebuah perawatan dengan teknik injeksi. Perbedaannya adalah Filler menggunakan bahan Asam Hyaluronat (Ha). Tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk mengisi volume pada area wajah yang kendur.

Selain mengatasi kendurnya kulit wajah, perawatan ini juga memiliki beberapa keuntungan lain, seperti:

  • Meremajakan kulit
  • Melembabkan kulit
  • Membentuk wajah agar lebih proporsional
  • Menebalkan bibir
  • Mengatasi cekungan pada area mata
  1. Derma Skin Booster

Derma Skin Booster merupakan sebuah perawatan wajah yang menggunakan Capsugen atau batu apung. Tujuan utama dari perawatan ini adalah mengangkat sel kulit mati, serta menghaluskan kulit. Namun kegunaan dari treatment ini tidak cukup hanya di situ saja. Beberapa keuntungan lain dari Derma Skin Booster adalah sebgai berikut:

  • Mencerahkan kulit
  • Menutrisi kulit
  • Meratakan warna kulit
  • Menyamarkan flek hitam

Jika kamu ingin melakukan perawatan untuk mengatasi penuaan pada wajah, sebaiknya lakukanlah di klinik kecantikan terbaik. Salah satu klinik kecantikan terbaik yang bisa kamu kunjungi adalah Beautylogica Clinic. Dengan ditangani langsung oleh dokter berpengalaman, serta peralatan medis yang canggih, tentu ciri-ciri kulit wajah menua akan teratasi dengan lebih efektif.

Artkel ini sudah tayang di website Beautylogica Clinic. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi terbaru seputar dunia kecantikan, segera kunjungi Beautylogica Clinic Blog dengan klik di sini.

2 Likes

Saya telah membaca sebuah jurnal perawatan kulit, J Wound Ostomy Continence Nurs. dan menemukan beberapa fakta menarik mengenai perawatan kulit. Lichterfeld, dkk (2015) memberikan penjelasan mengenai fakta tersebut melalui teori Based Skin Care Algorithm.

Maintaining and improving skin health and integrity are major goals in acute and long-term care. Lichterfeld, dkk (2015)

Pada dasarnya setiap orang memiliki kondisi kulit masing-masing, akan tetapi kemudian untuk mempermudah klasifikasi jenis kulit terdapat pembagian jenis kulit berdasarkan komponen permukaan kulit antara lain; kulit normal, kering, berminyak, campuran. Pembagian tersebut memudahkan bagi pembuat produk perawatan kulit. Based Skin Care Algorithm yang dikembangkan oleh Lichterfeld, dkk (2015) merupakan hasil turunan dari cara berfikir logika. Terdapat tiga tahapan dalam berfikir secara logika yaitu; penilaian dini (assesment), diagnosa (diagnoses), intervensi (intervention).

  1. Penilaian dini (assesment)
    kulits
    Sumber: hipwee.co

The assessment should take into account a history of comorbid conditions affecting the skin such as obesity, urinary or fecal incontinence, diaphoresis, diabetes mellitus, age 75 years or greater, immobility, or functional limitations. In case of the presence of skin problems or risk factors, special skin care is needed.

Secara teoritis, penilaian dini hanya bisa dilakukan oleh seseorang dengan kemampuan medis pada kulit. Pada prakteknya untuk memudahkan perawatan kulit seseorang terutama secara mandiri maka dapat mengikuti panduan perawatan kulit oleh ahli kulit di internet. Contohnya bisa dilihat pada halaman 21 jurnal di bawah ini

Kondisi kulit yang kering dengan lembab dapat diketahui ciri-cirinya sehingga pembaca dapat dengan mudah mengkategorikan kondisi kulit sendiri. Mengetahui jenis dan kondisi kulit merupakan tujuan utama tahap penilaian dini.

  1. Diagnosa (diagnoses)
    alodokter
    Sumber: alodokter.com

Tindak lanjut dari penilaian dini yang dilakukan secara mandiri adalah kategorisasi, secara medis dapat dikatakan sebagai diagnosa. Salah satu contoh diagnosa adalah kesadaran mengenai pertambahan usia, faktor lingkungan dapat memberikan pengaruh pada perubahan kulit, terutama dampaknya kepada proses alami penuaan kulit . Selanjutnya, mengetahui bahwa sinar matahari menjadi penyebab utama dari kerusakan kulit karena adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Paparan sinar ultraviolet (UV) berlebihan dari matahari secara alamiah bersifat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Elastin menurut Garrigue (2011) merupakan protein dalam jaringan kulit yang berfungsi membuat kulit terasa lembut dan tampak kenyal.

  1. Intervensi (intervention)
    pintarmengatasi
    Sumber: pintarmengatasi.id

Setelah mengetahui kondisi kulit maka perlu adanya tindakan perawatan kulit. Masalah yang ingin dibahas pada topik ini adalah pada tahap intervensi. Pemberian perlakuan ada kulit seharusnya tidak secara keseluruhan mengikuti yang dilakukan oleh orang lain akan tetapi seseorang dapat mencari inspirasi pemberian erlakukan dengan catatan mengerti konsep perawatan kulit oleh ahli. Contoh pemberian perlakukan kulit yang benar sesuai kondisi medis kulit adalah yang diungkapkan oleh Lichterfeld (2015)

The skin should be cleansed once daily. Traditional alkaline soaps should be avoided when providing basic skin care. We recommend the use of a syndet cleansing product. Syndets, synthetic soap like products, should contain a milder synthetic surfactant when compared to traditional soaps and possess a pH of 4 to 5 that is compatible with the acid mantle of healthy skin. However, cleansing and the other caring procedures may follow individual preferences as long as no skin problems occur.

Penjelasan tersebut hanya satu dari berbagai macam rekomendasi pemberian perlakuan pada kulit, agar lebih mudah mendapatkan informasi lain mengenai bagaimana perawatan kulit pastikan untuk menggunakan sumber dari ahli kulit terpercaya.

Secara keseluruhan seseorang bisa melakukan perawatan kulit seperti yang dilakukan orang lain. Beberapa pertimbangan yang harus ada adalah pengetahuan mengenai kondisi kulit karena hal tersebut berhubungan dengan bagaimana tindakan yang dapat diaplikasikan pada kulit.

The skin care algorithm provides general guidance for basic skin cleansing and caring and broad functional product categories.

Based Skin Care Algorithm dapat membantu menyesuaikan proses perawatan kulit dengan produk yang telah beredar luas. Kadics bisa mencoba menerapkan tiga tahap tersebut dan mencari inspirasi berdasarkan ahlinya.

Referensi
  1. Garrigue E , Martini J , Cousty-Pech F , Rouquier A , Degouy A . Evaluation of the moisturizer Pedimed((R)) in the foot care of diabetic patients . Diabetes Metab Res Rev. 2011 ; 37 ( 4 ): 330-335 .
  2. Lichterfeld, Lichterfeld, et. al. 2015. Evidence-Based Skin Care A Systematic Literature Review and the Development of a Basic Skin Care Algorithm. Journal Wound Ostomy Continence Nurs. 2015;42(5):501-524 Published by Lippincott Williams & Wilkins