Ciri-Ciri Ikan Hias Botia (Clown Loach)

Apa Saja Ciri-Ciri Ikan Hias Botia (Clown Loach)?

Botia salah satu jenis ikan hias asli Indonesia yang kesohor kecantikannya dikalangan penggemar ikan hias di seantero dunia. Tapi sungguh sayang, sampai saat ini si badut (clown) ini belum bisa di budidayakan. Dari sekian banyak yang diperdagangkan di dalam Negeri dan dikirim ke Negara lain, semuanya masih hasil tangkapan dari alam.

Mengapa botia begitu digemari? Salah satu alasannya yaitu bentuk tubuhnya yang indah, punggung agak bungkuk, sehingga sepintas seperti pesawat tempur. Warna tubuhnya tidak rumit, berwarna dasar sawo matang dan kadang-kadang kekuningan, yang dibalut warna hitam di tiga tempat. Satu memotong di kepala persis melintas di mata, lalu ditengah tubuh agak lebar dan berakhir di pangkal ekor yang merambat sampai sirip punggung.

Sirip ekor tebal terbagi dua dengan ujung lancip. Warnanya oranye dengan ujung kemerahan. Sirip anus hitam dengan tulang sirip kuning, sementara sirip dada merah darah. Di ujung kepala terdpat mulut yang ditempeli kumis. Sedangkan di bawah matanya terdapat semacam duri tajam yang digunakan sebagai senjata.