Ciri-ciri anjing chihuahua

Apakah anjing Chihuahua memiliki ciri-ciri yang sama seperti anjing lain pada umumnya

Chihuahua memiliki tubuh yang kompak dan agak sedikit panjang. Ekornya tidak dipotong (undocked) dan tidak terlalu panjang. Ekor Chihuahua biasanya melengkung ke arah punggung (tea cup tail) , menunjuk ke arah kepala dan tegak lurus seperti antena. Batok kepala berbentuk buah apel (apple dome), Chihuahua yang berkualitas tinggi batok kepalanya harus apple dome. Kalau dilihat dari samping, antara batok kepala dan moncong meiliki sudut 90 derajat. Batok kepala harus berbentuk bulat jika dilihat dari depan bukan kotak . Chihuahua biasanya memiliki molera (lubang) di atas kepala pada saat lahir dan akan merapat atau hilang pada saat dewasa. Warna mata harus berwarna gelap, hidung berwarna hitam atau coklat jika warna bulunya putih atau warna muda. Kuping Chihuahua berdiri tegak dan letaknya membentuk sudut 45 derajat jika dilihat dari depan. Chihuahua tidak oleh memiliki kuping seperti kuping Miniature Pincher yang posisinya tegak lurus ke atas.

Chihuahua memiliki 2 jenis bulu; bulu pendek (smooth coat) dan bulu panjang (long coat) . Keduanya boleh saling dikawinkan tidak seperti anjing Dachshund atau Fox Terrier yang tidak boleh dikawinkan jika type bulunya berbeda. Kadang dari perkawinan antara bulu pendek dapat menghasilkan Chihuahua bulu panjang begitu juga sebaliknya.

Untuk Chihuahua , semua warna diperbolehkan. Solid seperti coklat,hitam, putih, krem, red,dll. Atau party color ; putih campur coklat, sable, loreng (brindle), black and tan,dll. Kadang, dari hasil perkawinan antara Chihuahua berwarna hitam dapat mengeluarkan anakan yang berwrna putih atau krem.

Berat badan Chihuahua berkisar antara 1 Kg - 2,7 Kg dengan tinggi badan sampai 20 CM diukur sampai punggung.