Cintai Diri, Jadi Tak Tertandingi

Slide4
Cintai Diri, Jadi Tak Tertandingi

"Badannya bagus ya, langsing. Badanku jelek.”

“Dia pintar banget ya? Lulus kuliahnya cepat. Nggak kayak aku.”

“Senang ya pasti jadi dia. Pintar, cantik lagi.”

Seberapa sering Anda mendengar hal-hal sejenis kalimat diatas diucapkan orang di sekitar Anda ? Atau seberapa sering diri Anda sendiri mengucapkan hal ini ? Banyak orang ingin mudah dicintai dan dihargai orang lain, tapi terkadang lupa bahwa semua harus dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Hampir setiap orang memahami artinya mencintai orang lain. Bahkan kita terus mengasah kemampuan tersebut. Namun sadarkah jika mencintai diri sendiri merupakan langkah yang sangat penting sebelum bisa mencintai orang lain ? Banyak orang masih belum memahami arti penting hal ini. Kita lebih tersibukan dengan membahagiakan orang lain hingga lupa membahagiakan diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah tentang penerimaan diri, penguasaan diri dan rasa hormat kepada diri sendiri. Hal inilah yang akan menjadi kekuatanmu. Mencintai diri sendiri membuat kita peduli dengan orang lain karena mampu memahami kekuatan yang sesungguhnya dalam diri.

1. Tak ada gunanya membandingkan diri dengan orang lain

Kita terlahir dengan keunikan dan cerita masing-masing. Membandingkan diri kita dengan orang lain hanyalah membuang-buang waktu. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Hilangkanlah pikiran negatif tentang dirimu, dan mulailah menerima dirimu apa adanya karena disanalah letak awal kebahagiaan bermula.

2. Cintai dirimu sendiri sebelum orang lain

Kita tak akan bisa mencintai orang lain dengan benar sebelum kita bisa mencintai diri sendiri dengan tepat. Mencintai diri sendiri adalah tentang menghormati dan menerima dirimu tanpa merendahkannya. Banyak orang yang tidak menjadi dirinya sendiri demi mendapatkan perhatian orang lain. Namun untuk kamu yang bisa memahami diri, kamu akan selalu menjadi dirimu apa adanya dalam hidup ini tanpa mengkhawatirkan pandangan negatif orang lain.

3. Fokuslah dengan kekuatanmu

Banyak orang menderita karena terlalu mengkhawatirkan kritik dan pandangan buruk orang lain terhadap kelemahannya. Namun dibalik setiap kelemahan selalu tersimpan kekuatan, begitupun dalam dirimu. Fokuslah dengan kekuatan-kekuatanmu itu dalam meraih berbagai impian. Fokus dengan kekuatanmu akan lebih membuatmu produktif menjalani hidup, dan satu hal yang harus dipahami adalah akan selalu ada orang yang menghalangimu dalam meraih impian. Jangan dengarkan mereka, fokuskan saja dengan dirimu.

4. Masa lalu adalah pelajaran berharga untuk masa depanmu

Setiap orang tentunya memiliki masa lalu yang tak menyenangkan dalam hidup ini. Namun masa lalu adalah pengalaman yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk menjadi diri yang lebih baik lagi di masa depan. Terimalah hal tersebut, namun jangan biarkan masa lalu merenggut kebahagiaanmu.

5. Hidup adalah tentang menjadi dirimu sendiri

Hidup bukanlah tentang kompetisi dirimu menghadapi orang lain, melainkan melawan dirimu sendiri untuk lebih baik lagi dari hari kemarin. Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri, karena setiap orang akan memiliki cerita kehidupannya masing-masing.

6. Luangkanlah waktu untuk self-talk

Kamulah yang paling tahu tentang dirimu sendiri. Luangkanlah waktu melakukan self-talk untuk menyemangati dirimu sendiri. Salah satu cara sederhana adalah dengan memberikan kalimat-kalimat positif setiap pagi untuk dirimu sendiri. Hal ini sangat penting karena kamu akan mendengarkan apa yang kamu ucapkan sendiri, dan berpengaruh dalam cara kamu memandang dirimu sendiri serta apa yang kamu yakini.

7. Kamu tak seperti yang orang lain pikirkan

Seperti yang telah diungkapkan diatas, akan selalu ada orang lain yang nyinyir tentang dirimu sendiri, tak peduli sesukses apapun yang telah kamu raih. Namun kamu bukanlah apa yang orang lain katakan tentangmu. Daripada capek-capek memikirkan penerimaan orang lain, bukankah lebih baik memulai menerima dirimu sendiri.

1 Like