Cinta Yang Hakiki

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dari keterikatan pribadi. Cinta datang dimanapun dan siapapun saja yang bisa merasakannya jika semesta merestui. Cinta tidak selamanya tentang hubungan antara 2 orang melainkan cinta terhadap penciptaNya.

Cinta itu sendiri sulit dibedakan batasan ataupun pengertiannya, karena cinta merupakan salah satu bentuk emosi dan perasaan yang dimiliki individu. Dan sifatnyapun subyektif sehingga setiap individu akan mempunyai makna yang berbeda tergantung pada penghayatan serta pengalamannya.

Kita bisa bayangkan, kalau kita hidup tanpa cinta.Baik itu cinta dari orangtua, saudara dan sahabat kita.Dan yang paling menyedihkan kita kehilangan cinta yang paling luar biasa yaitu cinta dari Yang Maha Mencintai, Allah SWT.Tapi sayang, kadang kita sering tidak merasa kehilangan ketika Allah sudah tidak mencintai kita, dibanding ketika kita kehilangan cinta seseorang.Ada banyak kasus ketika seseorang ditinggal kekasihnya, sampai dia rela mengakhiri hidupnya.Padahal, kita belum tahu apakah ia memang orang yang terbaik bagi kita atau bukan.

Cinta yang hakiki ialah cinta dari Yang Maha Mencintai, Allah SWT.Andai Dia tidak memberikan cintaNya kepada kita, kita tak kan pernah lahir ke dunia, kita tak kan pernah bisa bernafas dengan baik, memiliki tubuh yang sempurna, dan masih banyak bukti cintaNya kepada kita yang tidak bisa ditulis atau dirangkai dalam untaian kata dan kalimat.Hal itu karena begitu banyak karunia yang Allah berikan sebagi tanda cinta kepada hambaNya.Sekarang mari kita renungkan, apa yang telah kita lakukan sebagai bukti cinta kita kepada Allah yang telah memberikan rasa cintaNya kepada kita?Apa kita selalu mengucapkan terima kasih atas semua nikmat itu?Apa kita pun punya rasa cinta yang sama seperti rasa cinta Allah kepada kita?

Kita semua membuat pengorbanan untuk orang yang kita cintai. Ingatlah bahwa pengorbanan adalah tentang menukar sesuatu untuk sesuatu yang lebih berarti. Janganlah berhenti untuk sayang kepada seseorang. Namun terkadang untuk keperluan pribadi, kamu boleh pergi untuk memperbaiki perspektif. Pergi bukan berarti tidak sayang, ingatlah tujuan sesungguhnya. Banyak sekali orang mengatakan bahwa kata sayang itu buta. Padahal persepsi tersebut tidak benar. Makna sayang sesungguhnya adalah ketika kita melihat masalah, mencoba memahami masalah dan mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Jadi sayang itu tidaklah buta, sayang itu melihat dan hal tersebut membuat kita merasa aman.

Makna sayang sesungguhnya adalah melindungi. Melindungi sendiri mempunyai arti luas mulai dari melindungi secara fisik, mental dan perasaan. Jika kamu memang sayang dengan pasanganmu. Pastilah kamu melindunginya dari hal yang tidak diinginkan.

Kehidupan memiliki banyak makna untuk diresapi. Problematika kehidupan memberikan pengaruh yang mutlak untuk diceritakan. Kebanyakan orang mengalami problematika kehidupan yang baik dan buruk. Semua itu tergantung bagaimana cara seseorang menjalani kehidupan.

Kehidupan percintaaan seseorang bisa diceritakan dengan begitu bahagia. Tetapi ada sebagian orang yang menceritakan kehidupan percintaan mereka dengan penuh kesedihan. Terkadang banyak orang memunculkan pertanyaan, apa makna dari cinta itu sendiri. Cinta memiliki makna yang mendalam. Cinta itu abstrak dan universal . Karena percintaan menciptakan pandangan yang berbeda untuk setiap orang.

Cinta mampu menghadirkan pesona yang begitu memikat bagi siapa saja. Cinta dapat diibaratkan seperti pasir. Ketika kamu menggenggamnya terlalu erat, butiran pasir akan berjatuhan. Jika pasir tersebut tidak digenggam dengan baik atau genggamannya terlalu lemah, butiran pasirnya juga akan berjatuhan. Karena itu, genggamlah pasir tersebut dengan tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah. Begitu pula dengan cinta. Genggamlah cinta dengan takaran porsi yang pas.

Begitu juga dengan perjalanan cinta. Karena cinta sarat akan makna dan arti yang beragam, serta mendalam.

Ketika kamu bertanya kepada seseorang arti tentang cinta, mereka akan menjawab dengan jawaban yang berbeda satu sama lain. Itu mencerminkan keunikan dari cinta itu sendiri. Setiap orang memiliki pengalaman tersendiri dalam hubungan percintaan. Ketika seseorang memiliki pengalaman tentang cintanya sendiri, dia pun akan menjelaskan arti cinta menurut pengalamannya sendiri.

Tetapi cinta bukan sekedar eksistensi untuk seseorang. Cinta adalah pengalaman yang perlu dipelajari untuk kelanjutan cinta, yang nantinya akan menjadi memori yang sarat akan makna mendalam bagi seseorang.

“Cinta sarat akan makna yang mendalam. Karena cinta yang sesunguhnya adalah cinta yang nantinya memiliki ingatan yang tak terlupakan bagi seseorang.” – Michael Jibrael

2 Likes