Cher Wang : Anak konglomerat yang dermawan dan mendirikan HTC dengan kerja keras sendiri

(sumber : htcsource.com)

Biografi, Hsiueh-Hong Wang


Pekerjaan
Co-Founder, Chairwoman, Chief Executive Officer and President, HTC Corporation

Afiliasi Lainnya

  • Everex Systems, Inc.
  • VIA Technologies Inc.
  • Formosa Plastics Corporation
  • University of California Berkeley
  • HTC America, Inc.

Tempat dan Tanggal Lahir
Taipei, Taiwan, 14 September 1958

Pendidikan
Master of Arts, University of California Berkeley

Total Kekayaan
US$8.8 billion - 118,5 Trilliun Rupiah (2011. Kekayaan total bersama sang suami, Wen Chi Chen)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 50 Taiwan’s 50 Richest (2016)
  • 613 Billionaires (2013)
  • 54 Power Women (2014)

Riwayat Hidup


Cher Wang lahir di Taipei pada tahun 1958 dengan nama Hsiueh-Hong Wang. Dia adalah satu dari tujuh bersaudata dan dibesarkan oleh istri kedua dari ayahnya. Ayahnya adalah salah satu dari orang terkaya di Taiwan setelah menjadi founder dari Formosa Plastics.

Berasal dari keluarga yang kaya membuat Cher Wang dapat memperoleh pendidikan dengan mutu baik di salah satu sekolah swasta di Amerika Serikat. Ayahnya ingin dia bersama saudaranya untuk berpengalaman dalam berbagai bidang.

Setelah lulus dari sekolah menengah, ia melanjutkan ke perguruan tinggi di College Preparatory School, Oakland, California. Kemudian melanjutkan ke Universitas California.

Cher Wang juga diajarkan oleh ayahnya untuk peduli dengan mengunjungi rumah sakit yang ada untuk memberikan sumbangan. Karena inilah ia menjadi sosok orang yang dermawan.

Riwayat Karir


Pada tahun 1982, Wang bergabung dengan First International Computer (FIC). Awalnya Wang menjual motherboard, kemudian ia berpindah ke divisi Personal Computer.

Pada tahun 1987, Wang berhasil mendirikan VIA Technologies bersama suaminya. Perusahan ini bergerak di bidang komputer untuk membuat komponen chipset komputer.

Pada tahun 1997 ia menjadi co-founder dari HTC yang sekarang perusahaan ini membuat satu dari enam smartphone yang dipakai di Amerika Serikat. Awalnya perusahaannya ini fokus pada pembuatan notebook yang kemudian beralih ke smartphone. Smartphone HTC menjadi populer setelah bekerja sama dengan google dan mengusung smartphone bernama HTC One.

Pada Agustus 2012 silam ia diberikan penghargaan oleh Forbes sebagai peringkat ke 56 dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia, yang pada 2014 meningkat menjadi peringkat 54.

##Fakta-fakta Cher Wang


  • Ayahnya adalah satu dari orang terkaya di Taiwan dan founder bagi perusahaan Formosa Plastic Group.

  • Meskipun lahir dari keluarga kaya, Cher Wang hidup sederhana dan bahkan dikenal dermawan.

  • Pada saat Wang kecil, ia mengunjungi rumah sakit di sekitarnya bersama sang ayah untuk memberikan sumbangan.

  • Bersama suaminya, dia berhasil mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang chipset 5 tahun setelah bekerja di FIC.

  • Wang bersama suaminya dikaruniai dua anak

  • Pada tahun 2011, Wang mendonasikan US$28,1 (378,2 Miliar Rupiah) untuk mendirikan Guizhou Forerunner College, sebuah perguruan tinggi yang berbasis ‘non-profit Faith-Hope-Love Foundation’.

  • Pada Agustus 2012, Cher Wang mendonasikan 6000 tablet PC HTC Flyer untuk 60 sekolah tinggi di Taipei

##Quotes


I always have this imagination, something I want to use. I don’t understand the idea of leisure time. Cher Wang

There is usually an ‘X factor’ that is hard to define. For HTC, I think it is our culture. We embrace the best of our Eastern roots and combine it with the best of the Western cultures where we have leadership and offices. It makes the culture colorful as well as energetic and creative. Cher Wang

Since the beginning, HTC has focused on developing strong research and development capabilities and keeping a close eye on consumer, market and technology trends. Cher Wang

Within HTC, hundreds of ideas are tested and discarded to find those rare ideas that define the HTC user experience. Cher Wang

Referensi

Cher Wang merupakan pendiri perusahaan pembuat HTC dan juga merupakan innovator lahirnya chipset terintegrasi VIA Technologies. Dia adalah wanita pengusaha yang dianggap sebagai wanita terkaya di China. Dia terlahir dikondisi keluarga yang kaya raya, mempunyai seorang aya Wang Yung Ching founder of the Formosa plastics, tetapi dia tetap hidup sederhana dan mandiri akan dirinya sendiri.

Perjuangannya dimulai saat dia keluar dari Universitas Berkeley, dia mengambil pekerjaan di First International Computer di U.S. Dia menjual motherboard dan kemudian bekerja di divisi komputer pribadi. Saat bekerja di perusahaan ini dia mendapat ide untuk apa yang akan menjadi produk yang diproduksi oleh HTC. Dia juga harus memikirkan masalah dan mengumpulkan barang-barang yang dilengkapi dengan komponen computer yang dia bisa jual. Dia juga sempat memikirkan bahwa perangkat yang ia jual itu apa bisa lebih kecil lagi dan tidak terlalu berat maupun bisa dibawa kemana mana.

Di tahun 1997, dia menggunakan gagasannya dan menjadi pendiri HTC. Pada masa-masa awal pekerjaan HTC Wang adalah membangun hubungan dengan pelanggan, vendor, dan operator yang produknya dibutuhkan HTC. Dia menghabiskan banyak waktu di Silicon Valley. Selama berada di sana, dia mendapatkan kemitraan yang sangat penting dengan T-Mobile dan pengembangan ponsel yang didukung Android pertama.

Kesepakatan ini merupakan langkah besar bagi perusahaan yang mulai memproduksi notebook, perusahaan melihat peningkatan 29% dalam pendapatan setelah beralih ke perangkat mobile. Keputusan yang sangat cerdas tentang bagian Wang

Quotes:

• “As entrepreneurs, we must continue to ask ourselves ‘What’s next?’ It takes humility to realize that we don’t know everything, not to rest on our laurels and know that we must keep learning and observing.”
• “If you have a vision, no matter how difficult things are, everything just becomes a process.”

Dari quotes diatas terlihat sosok cher wang merupakan sosok yang haus akan ilmu, dan terus belajar dan mengamati hal disekitar , tak lupa juga semua pandangan dan ide-ide yang digagasnya dia anggap semua adalah proses mencapai kesuksesan itu sendiri. Hanya sedikit orang yang bermimpi besar seperti itu, dengan ketekunan dan keterampilannya dia tak heran jika tercatat sebagai wanita paling kuat dan berpengaruh ke-54 dunia dalam daftar forbes untuk keterampilan kewiraswastaannya yang luar biasa.

Dia terkenal sederhana dan juga dermawan dalam banyak hal. Skill yang dimiliki Cher wang antara lain

  • Pemikiran yang terbuka
    Dia mengasahnya dengan selalu menyatakan ide dan pendapat dan juga selalu menerima pandangan dari orang lain yang nantinya akan menambah pengetahuan maupun keahliannya. Dari itu dia memperkerjakan banyak orang berbakat dari berbagai negara

  • Berpikiran strategis
    Bukan berpikir taktis tapi strategis dalam banyak hal, contohnya dia memikirkan sisi bagian yang merupakan keahliannya dan wakilnya menggantikan sisi satunya dan akhirnya melengkapi inovasi-inovasi di HTC itu sendiri.

  • Penuh perhatian
    Dia penuh perhatian dengan apa yang dikerjakan, hubungan baik dengan pekerja dan setiap detail apa yang akan dia bangun selanjutnya

Referensi :


http://blogs.oregonstate.edu/rachelwhite/cultural-research/biography-of-cher-wang/
https://successstory.com/people/cher-wang

Cher Wang lahir di Taipei pada tahun 1958, dia adalah satu dari tujuh anak yang diangkat oleh istri kedua ayahnya. Ayahnya, Wang Yung-ching adalah salah satu orang terkaya Taiwan setelah ia mendirikan Formosa Plastics pada tahun 1954. Perusahaan ini adalah salah satu produsen petrokimia dan bensin terbesar di Asia. Karena dia berasal dari keluarga kaya, Cher mendapat kehormatan untuk mengikuti sekolah swasta di Amerika Serikat.

Pada tahun 1974 ia menghadiri Sekolah Persiapan eksklusif di Oakland, California. Saat berada di A.S. dia tinggal dengan dokter anak setempat dan keluarganya. Pembinaannya sangat ketat dan tidak memiliki banyak waktu luang. Dia mengatakan bahwa ayahnya berkata, “menjadi wanita yang makan siang”, bukanlah pilihan. Ayahnya menginginkan Cher dan saudara-saudaranya mengalami berbagai hal yang berbeda. Setelah lulus SMA, ia belajar di Berkeley.

Dia awalnya ingin menjadi sebagai mayor musik; dia ingin menjadi seorang pianis. Setelah tiga minggu menghadiri kelas dan berbicara “tegas” dengan penasihatnya, dia beralih ke ekonomi.
Setelah lulus dari Berkeley, dia mengambil pekerjaan pada tahun 1982 di First International Computer di A.S. Dia menjual motherboard dan kemudian bekerja di divisi komputer pribadi. Saat bekerja di perusahaan ini dia mendapat ide yang akan menjadi produk yang diproduksi oleh HTC. Sebagai bagian dari pekerjaannya, dia harus mengumpulkan barang-barang yang dilengkapi dengan komponen komputer yang diharapkan bisa dijual.

Dia menyatakan, "Saya ingat saya berada di Prancis, pagi-pagi sekali, dan saya menyeret komputer ini ke atas dan ke bawah semua tangga ini. Dan Cher menyadari bahwa PC itu besar dan tidak nyaman untuk dibawa, sehingga saya mulai merenungkan bagaimana jadinya jika perangkat itu bisa lebih kecil dan tidak terlalu berat untuk dibawa kemana-mana dan dengan demikian diperlukan perangkat genggam baru yang bisa dengan mudah dibawa dalam saku baju atau tas kerja. Kemudian ,Cher berbagi ide ini dengan salah satu teman dekatnya, H.T.Cho. Setelah kembali ke Taiwan, dia menggunakan gagasannya dan menjadi pendiri HTC pada tahun 1997.

Pada masa-masa awal pekerjaan HTC Wang adalah membangun hubungan dengan pelanggan, vendor, dan operator yang produknya dibutuhkan HTC. Dia menghabiskan banyak waktu di Silicon Valley. Selama berada di sana, dia mendapatkan kemitraan yang sangat penting dengan T-Mobile dan pengembangan ponsel yang didukung Android pertama.

Kesepakatan ini merupakan langkah besar bagi perusahaannya yang mulai memproduksi notebook, perusahaan melihat peningkatan 29% dalam pendapatan setelah beralih ke perangkat mobile. Rencananya adalah membangun ponsel dan PDA dalam kemitraan dengan perusahaan lain, dengan menjadi produsen kontrak. Akhirnya, setelah banyak perjuangan, HTC sempat tertangkap saat kontrak pertama ditandatangani pada 2000 untuk memproduksi PDA Compaq Aero. Setelah kesepakatan ini, HTC telah menjadi produsen kontrak resmi ponsel dan PDA untuk O2, T-Mobile, Orange, dan Palm. HTC juga telah membuat ponsel Android pertama milik Google, yaitu G1.

Pada tahun-tahun berikutnya, HTC telah berhasil membangun reputasi sebagai produsen resmi perangkat genggam untuk semua merek ponsel terkemuka. Tapi Cher tidak akan berhenti di situ, dia memiliki visi berbeda untuk HTC. Dia ingin HTC menjadi merek ponsel pintar terkemuka dan bukan hanya produsen kontrak. Dia tahu keputusan ini akan mempengaruhi perusahaannya dalam beberapa tahun pertama tapi dia tidak berhenti.
Sebuah keputusan yang sangat penting, HTC sekarang membuat satu dari setiap enam smartphone yang terjual di A.S. Smartphone dipasarkan dengan merek seperti Palm dan Verizon dan dijual dengan layanan bundling dari penyedia seperti T-Mobile.

HTC melaporkan pendapatan sebesar $ 9,8 miliar pada tahun 2010 dan hanya terus meningkat lebih banyak setiap tahun menurut Forbes. Dengan gaji Cher dan suaminya Wen Chi Chen, dia telah menjadi salah satu orang yang terkaya di Taiwan. Ia memiliki kekayaan bersih senilai 6,8 miliar dolar dan juga Cher menempati posisi ke-20 di Daftar Wanita Paling Cantik di Dunia menurut Forbes.
Char wang tidak menyerah dengan tujuannya yaitu ingin membuat ponsel pintar yang terkemuka didunia. Walaupun umumya bidang teknologi lebih banyak digeluti oleh laki-laki ia tidak pesimis salah satu kata-kata dari Char wang adalah

“If you have a vision, no matter how difficult things are, everything just becomes a process.”
Yang berarti Jika Anda memiliki visi, tidak masalah seberapa sulitnya, semuanya hanya akan menjadi proses.

Sumber :


Meskipun lahir di keluarga yang terpandang dan berada, tidak membuat sosok wanita yang satu ini lupa bahwa untuk mencapai kesuksesan sejati harus melalui usaha dan kerja kerasnya sendiri. Dan berkat semua jerih payahnya ia akhirnya berhasil mendapat kesuksesan besar. Ialah Cher Wang, sang pendiri pabrikan perangat telekomunikasi HTC.

Mungkin sebagaian dari anda adalah pengguna ponsel besutan HTC? Salah satu merk kelas atas asal Taiwan tersebut nyatanya kini telah menjadi salah satu pemain industri telekomunikasi yang diperhitungkan. Dan hal tersebut tidak lepas dari peran wanita inspiratif yang telah membesarkan nama HTC, Cher Wang.
Cher Wang lahir pada tanggal 14 Setember 1958 di Taipei, Taiwan. Ia adalah putri dari seorang pengusaha sukses yang bernama Wang Yung-ching. Ayahnya bukanlah seorang pengusaha biasa. Ia adalah miliader yang bergerak dalam usaha pengolahan material plastic dan pabrik kimia di bawah bendera Formosa Plastics Group. Bahkan dalam beberapa tahun ayahnya pernah dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di Taiwan.

Kekayaan yang berlimpah dan juga kehidupan yang nyaman nyatanya tidak membentuk pribadi Cher Wang menjadi sosok layaknya putri raja yang manja dan suka menghamburkan uang untuk bersenang-senang. Mungkin berkat ayahnya yang sering menanamkan nilai kemandirian dan kerja keras kepadanya dirinya dan saudaranya membuat Wang tumbuh menjadi wanita dengan kepribadian yang kuat dan mandiri.
Sewaktu ia masih kecil dirinya sering diajak oleh sang ayah untuk pergi ke sebuah rumah sakit yang memang sering mendapatkan sumbangan dari ayahnya tersebut. Disana ia diajarkan pentingnya sifat dermawan dan membantu sesama. Dan usaha ayahnya nampak berbuah manis, hingga masa dewasanya Wang menjadi sosok yang sangat dermawan dan dicintai banyak orang karena sifatnya tersebut.

Setelah menuntaskan pendidikan menengahnya, ia bersama dengan saudaranya dikirim ke luar negeri untuk melanjutkan masa studi. Ia melanjutkan pendidikan di College Preparatory School, Oakland, California. Kembali lagi, ayahnya ingin mengajarkan hal positif kepada anak-anaknya, termasuk juga Wang. Ia berharap dengan jauh dari orang tua dan banyak kemudahan di negeri asalnya, ia bisa belajar untuk hidup mandiri dan berusaha untuk dirinya sendiri.